Friday, January 9, 2009

Strategi Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Masuk Perguruan Tinggi Negeri favorit adalah cita-cita sebagian besar siswa SMA. Apalagi dengan semakin mahalnya biaya masuk PTN, maka semakin kuat terjadi persaingan para siwa untuk mendapatkannya. Ketidak percayaan diri siswa semakin menjadio-jadi manakala ada temannya yang mengeluarkan issue-issue baru. Saat inilah siswa kelas XII paling mudah trekena issue. Coba saja issue-issue berikut sebarkan, maka akan banyak banyak tanggapan dan stress yang luar biasa.

  1. UI hanya menerima siswa yang mempunyai kualifikasi baik untuk bidang studi MAT, FIS, dan KIM jika ingin masuk Pendidikan Dokter.

  2. Sekolah Unggulan mendapat jatah lebih dari sekolah biasa-biasa saja.

  3. Teknik Mesin UI hanya  menerima 5 % mahasiswi

  4. Untuk tahun ini TPA menjadi syarat utama lulus ujian masuk SIMAK UI.


Pada dasarnya kegiatan ujian masuk perguruan tinggi merupakan pola seleksi, jadi yang dibutuhkan adalah siswa terbaik, sesuai kebutuhan fakultas atau jurusan di PTN. Jadi hal yang utama harus ada dalam pikiran setiap calon peserta ujian masuk perguruan tinggi, jadi yang terbaik di ujian masuk untuk jurusan atau fakultas yang dituju. Sampai hari ini Perguruan Tinggi Negeri tidak pernah mengeluarkan data nilai siswa masuk tahun-tahun sebelumnya. Yang mereka keluarkan adalah, tingkat keketatan  dan  urutan kesukaran antar jurusan.  Jadi kalau peserta mempertanyakan, "kok ada bimbingan belajar yang punya passing grade atau NN atau pun Nilai Batas Aman tiap jurusan pada ujian tahun xxxx ?".  Lagi-lagi itu bukan produk Perguruan Tinggi, itu produk bimbingan belajar atau bimbingan tes, berdasarkan laporan hasil ujian masuk perguruan tinggi negeri  siswa-siswa yang terdaftar di bimbingan tersebut tahun-tahun sebelumnya.

Tapi bukan berarti data tersebut tidak ada gunanya. Manfaatkan data tersebut sebagai target, apalagi jika kamu dapat mengerjakan soal yang sama dengan data tersebut. Cobalah try out dengan soal tahun tersebut, gunakan periode waktu yang sama. Lalu hitunglah berapa kemampuan kita jika dibandingkan siswa tahun lalu yang ada pada data tersebut. Mudahkhan,..............

Bersambung ya ,.........

No comments: