Monday, January 26, 2009

Menyikapi Ujian Perguruan Tinggi

Sabtu kemaren mungkin masa yang paling krusial. Bagaimana tidak ada 7 siswa dan 4 pasangan orang tua yang hadir ke ruang BK. Pertanyaan yang sama, kondisi siswa dalam menghadapi Ujian Perguruan tinggi. Kepindahan SMA Negeri 8 Jakarta, menungsi ke Pusdiklat danjadwal ujian perguruan tinggi tahun ini menjadi pembicaraan dan diskusi lumayan panjang. Mental siswa yang mulai terganggu, kenyamanan dan tentunya harapan-harapan ke depan yang semestinya menjadi perhatian kita semua.

Jadwal ujian perguruan tinggi tahun ini memang berbeda sekali. Tahun lalu, setelah USM ITB, menyusul UM UGM, UMB UI, UM UNDIP, SMUP Unpad dan terakhir SNMPTN. Tahun ini UI benar-benar melakukan kecepatan penuh di belokan, bayangkan saja ITB yang buka pendaftaran pertama tapi dilibas oleh UI dengan pendafatran lebih cepat tutup dan ujian lebih awal sehingga, siswa menjadi terguncang. Untuk SMA Negeri 8 Jakarta, harus diakui ITB tetap menjadi skala prioritas, kecuali untuk Pendidikan Dokter, Akuntansi dan Komunikasi UI. Karena dulu UI juga banyak mengadakan seleksi, siswa tetap dalam kondisi aman. Sekarang dengan satu seleski dapat untuk ujian Reguer, paralel, vokasi, tentunya membuat kesiapan para siswa menjadi lebih apa adanya.

Bayangkan saja jika nanti pengumuman SIMAK UI yang diperkirakan ada sebelum USM ITB, bagaimana dengan siswa yang berharap masuk UI teryata gagal, maka kesempatannya hanya SNMPTN. Untuk yang diterima pun akan sedikit labil, karena boleh jadi itu bukan pilihan utamannya, mereka menanti STEI ITB.

Untuk mengurangi kondisi itu, maka saya coba sampaikan beberapa hal yang mungkin berguna untuk angkatan 2009. Terpaksa saya sampaikan di facebook, rasanya kalian tahu lah semua informasi perguruan tinggi tidak dapat saya akses di SMA Negeri 8 Jakarta, saya hanya membaca di web dan sedikit diskusi dengan teman-teman di BTA.

Hitung Waktu
Predisksi waktu yang ada dengan kesiapan kalian. Hitungan saya sekitar 35 hari lagi kalian akan berjuang di SIMAK UI. Berapa nilai Try out kalian, hitung degan waktu yang ada mampu tidak untuk meningkatkannya. Jadi buat resolusi sebulan ke depan.

Materi
Ini bukan saatnya mengajar "baca " materi. Itu salah, amat salah, kalau kalian masih berprisnip minggi ini bahas biologi, minggu depan bahas fisika. ITU SALAH. Belajar dari kesalahan. Uji coba soal, lihat kemampuan kalian, catat yang salah. Itulah daftar ketidak mampuan kalian. Orang yang mampu belajar dari ketidak ammpuan akan behasil ketimbang orang yang tidak tahu ketidak mampuannya.

Belahar kelompok
Harus. Lebih banyak belajar bareng makin tahu, kita banyak kurang dibanding teman-teman kita. Menginap di rumah teman atau kost salah satu kondisi yang baik. Kita akan terkondisi oleh suasan kompetisi dan pembelajaran. Cari soal milik teman, copy dan kerjakan mandiri setelah itu adu argumen. Sehinga kecapatan kalian menjawab soal bukan lagi 5 menit per soal tapi, 2 bahkan 1,5 menit. Hhhehehhehehee

Kenyamanan
Berberapa dari kalian melarikan diri tidak belajar di sekolah. Ini hal yang normal setiap tahun. Tinggal kita menyikai dengan benar. Kalau nggak nyaman, cari solusi yang membuat kamu berkonsentras dengan nyaman.

Dukungan
Dari Sekolah, no way. Dari kamu, teman dan keluarga. Sholat tahajjud bareng, berdoa bareng dan saling mendoakan. Mama atau papa kamu akan selalu mendukung kamu.

Keyakinan
Yakini kamui akan lulus ujian masuk perguruan tinggi.

No comments: