Monday, January 18, 2010

UNDIP 2010







Program Seleksi Siswa Berpotensi Undip 2010







Program Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) adalah salah satu seleksi masuk mahasiswa ke Universitas Diponegoro tanpa ujian tertulis selain Ujian Mandiri (UM) dan Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Program PSSB diadakan setiap tahun untuk jalur S1 dan D-III. PSSB Undip memiliki beberapa jalur diantaranya jalur prestasi akademik, jalur olah raga dan seni, dan jalur PSSB kerjasama.

PSSB ditujukan untuk SMA/MA/SMK negeri atau swasta yang disamakan atau terakreditasi minimal B. Bagi sekolah yang menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, maka nilai rapor  yang digunakan adalah nilai kognitif.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas diponegoro adalah sebagai berikut:

  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) baik untuk program Strata 1 (S1) maupun program Diploma III (D-III). Seleksi ini biasanya pendaftaran mulai bulan Januari setiap tahunnya. Jalur PSSB ini adalah jalur tanpa tes. Informasi lengkap dipublikasikan di web site : pssb.undip.ac.id.Program PSSB untuk tahun 2010 akan menerima dari SMK (khusus untuk beberapa jurusan/ fakultas tertentu) baik untuk S1 maupun D3.

  2. Jalur UM I (Ujian Mandiri I) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1. Untuk tahun 2010, pendaftaran dimulai bulan Februari, dan Ujian Tertulis akan diselenggarakan bulan Maret.

  3. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur tes melalui seleksi nasional untuk program pendidikan S1.

  4. Jalur UM II (Ujian Mandiri II) adalah jalur tes tertulis untuk program S1 Reguler II.Biasanya pendaftaran dimulai bulan Juni setiap tahunnya.

  5. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma - III) adalah seleksi tes tertulis untuk khusus program Diploma III (D-III). Biasanya pendaftaran mulai bulan Juli setiap tahunnya.
































Proses Pengiriman Formulir PSSB







Formulir PSSB masih dalam proses penyiapan pengiriman ke sekolah-sekolah, keterlambatan ini karena ada keterlambatan dalam hal kelengkapan informasi dan berkas. Formulir-formulir tersebut akan secara lengkap dikirimkan mulai Senin, 18 Januari 2010.







Informasi Pendaftaran PSSB







Formulir akan dikirim ke sekolah masing-masing, dan yang berhak mendaftar adalah yang diajukan oleh sekolah masing-masing, jadi tidak secara perorangan. Semua informasi & data yang diperlukan ada dipetunjuk teknis pengisian formulir pendaftaran. Jika ada sekolah yang berminat tapi belum menerima kiriman formulir pendaftaran PSSB Undip silahkan kepala sekolahnya mengajukan surat permohon resmi (bukan email) untuk dikirimi formulir pendaftaran ditujukan ke Rektor Universitas Diponegoro dan tembusan ke Ketua Panitia PSSB Undip.

Sekolah yang akan kami kirimi formulir adalah sekolah negeri maupun swasta yang terakreditasi minimal B. Mohon pada surat tersebut juga untuk melampirkan fotokopi sertifikat akreditasi sekolah.

Jalur Potensi PSSB S1













Satu diantara sejumlah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pendidikan di UNDIP adalah dengan mendapatkan calon mahasiswa baru (input) yang memiliki kemampuan akademik dan motivasi yang tinggi.  Melalui input yang memiliki kemampuan akademik dan motivasi yang tinggi itulah proses pembelajaran diharapkan dapat berjalan secara berkualitas, sehingga lulusannya akan mampu bersaing di pasar global.  Untuk itu maka UNDIP mengembangkan sejumlah program seleksi mahasiswa baru, diantaranya melalui:

(1) PSSB Jalur Akademik,

(2) PSSB jalur Potensi Olah Raga dan Seni, dan

(3) PSSB Jalur Potensi Pengembangan dan Kerja sama.

Diharapkan melalui variasi program seleksi ini dapat dijaring calon mahasiswa yang benar-benar memiliki potensi akademik dan motivasi yang tinggi, sesuai dengan program studi yang dipilihnya.
Jalur Potensi Akademik PSSB S1













Deskripsi

Seleksi calon mahasiswa baru yang dilakukan sepenuhnya berdasar pada prestasi akademik yang dicerminkan oleh nilai rapor


Syarat Akademik Pelamar

  1. Duduk di kelas III SMA pada tahun 2010, dan termasuk dalam 25 persen terbaik di semester 1 kelas III tahun ajaran 2009/2010.

  2. Tidak pernah tinggal kelas.

  3. Mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolahnya masing-masing.

  4. Memilih program studi sesuai jurusan di SMA/MA


Syarat Administrasi

  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,- melalui transfer bank mandiri

  2. Pelamar menulis sendiri surat lamaran, ditujukan kepada Rektor Universitas Diponegoro, ditandatangani pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali pelamar, dilampiri :

    1. Data pribadi pelamar (form F-1) yang telah ditempel dengan foto copy resi pembayaran biaya pendaftaran.

    2. Fotokopi rapor kelas I semester 1, 2 dan kelas II semester 1, 2 dan kelas III semester 1 yang disahkan/legalisir.

    3. Rekomendasi Kepala Sekolah (form F-2).



  3. Surat pernyataan dari pelamar bahwa yang bersangkutan :

    1. Bersungguh-sungguh berminat untuk memasuki program studi pilihannya, berusaha menyelesaikan studi secepat secepatnya dan berprestasi setinggi-tingginya serta menaati tata tertib yang berlaku di Undip.

    2. Hanya mengikuti jalur seleksi semacam ini di Undip

    3. Tidak akan menyia-nyiakan kesempatan yang disediakan baginya apabila ia diterima sebagai calon mahasiswa.




Cara Mengajukan Lamaran

Pelamar dan pihak sekolah mengajukan lamaran, dikirim melalui Kepala Sekolah masing-masing dengan cara sebagai berikut :

  1. Kepala Sekolah mengisi formulir F-2 (kuning), F-3 (merah muda), F-4 (putih), selain itu khusus pelamar jalur potensi pengembangan dan kerjasama juga mengisi formulir F-5 atau F-6 (putih).

  2. Siswa atau pelamar mengisi formulir F-1 (biru) dan membuat surat lamaran. Semua formulir dapat diperbanyak sesuai dengan warna aslinya.

  3. Berkas Informasi sekolah terdiri dari :

    • Uraian keadaan SMA/MA (F-3) ;

    • Daftar Nama Siswa 25 Persen Terbaik Kelas III (F-4) Jalur Potensi Akademik ;

    • Daftar Nama Siswa 10 Besar Terbaik Kelas III (F-6) Jalur Potensi Pengembangan & Kerjasama untuk Progam Studi lainnya

    • Berkas informasi sekolah ini dimasukkan ke dalam stopmap berwarna Hijau. Pada sampul luar stopmap ditempelkan Lembar Alamat Siswa (ditulis lengkap dengan kode pos, sehingga mudah dijangkau oleh layanan pos).



  4. Berkas lamaran setiap siswa terdiri dari :



  1. Surat lamaran.

  2. Data pribadi pelamar (form F-1) yang ditempeli dengan foto copy resi pembayaran biaya pendaftaran.

  3. Fotokopi rapor kelas I semester 1, 2 dan kelas II semester 1, 2 dan kelas III semester 1 yang disahkan/legalisir.

  4. Berkas lamaran masing-masing siswa disatukan dengan “klip”, lalu dimasukkan ke dalam stopmap. Stopmap pelamar dari jurusan IPA berwarna merah, jurusan IPS berwarna kuning, dan jurusan bahasa berwarna biru.

  5. Pada sampul luar stopmap ditempel LEMBAR ALAMAT P (lihat lampiran H).



  1. Stopmap berkas Informasi Sekolah dan stopmap berkas lamaran siswa dibungkus kuat dan tahan air. Pada bagian luar bungkus ditempelkan fotokopi Lembar Alamat S (lihat Lampiran I). Bungkusan tersebut, dapat diserahkan langsung (lewat kurir), dikirim melalui pos atau jasa titipan kepada alamat di bawah ini paling lambat tanggal 27 Februari 2010 :


REKTOR UNIVERSITAS DIPONEGORO

u. p. PANITIA PSSB

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP)

Gedung Widya Puraya Lantai 1, Sayap Timur

Kampus Tembalang, Semarang 50275
Potensi Olahraga & Seni













Deskripsi

PSSB jalur potensi olah raga dan seni adalah program seleksi calon mahasiswa baru yang mendasarkan pada prestasi olah raga dan seni dari pelamar.

Program ini mengutamakan pelamar yang berprestasi pada cabang sebagai berikut:

(1) Olah raga : bela diri (Karate, Taekwondo, Pencak Silat), Atletik, Renang, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Bola Voli, Bola Basket.

(2) Seni: OlahVokal, Tari, Musik/Instrumen (organ),dan Teater

Syarat Prestasi

(1) Selama belajar di SMA/MA pelamar memiliki prestasi menonjol dalam Olah Raga & Seni minimal di tingkat Provinsi (dibuktikan dengan sertifikat, piagam kejuaraan dan lain-lain yang asli).

(2) Pada tahun 2009 duduk di kelas III SMA/MA, dan tidak pernah tinggal kelas (dibuktikan dengan surat keterangan dari sekolah)

Syarat Administrasi

Syarat administrasi untuk PSSB Jalur Potensi Olah Raga dan Seni sama dengan PSSB Jalur Potensi Akademik.

Cara Melamar

(1) Hadir sendiri di Kampus Undip Pleburan Semarang dengan membawa Surat Pengantar dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki prestasi menonjol dalam Olah Raga & Seni minimal telah berprestasi di tingkat Propinsi dan bermaksud mengikuti seleksi PSSB Olah Raga & Seni.

(2) Mengikuti tes dengan jadwal sebagai berikut :





















No.TanggalWaktu (WIB)Jenis Tes
122 Februari 201008.00 s/d 15.00Pendaftaran dan Tes Ketrampilan sesuai cabang olah raga dan seni
223 Februari 201008.00 s/d 15.00Tes Ketrampilan sesuai cabang olah raga dan seni

(3) Apabila lolos tes di atas pelamar akan mendapat surat keterangan yang dapat digunakan untuk melengkapi persyaratan pendaftan selanjutnya. Lolosnya yang bersangkutan pada tes tersebut bukan jaminan akan diterima sebagai calon mahasiswa baru, karena masih harus mengikuti proses seleksi lanjutan seperti jalur Potensi Akademik.

(4) Berdasarkan surat keterangan pada butir (3) pelamar dapat memproses lebih lanjut lamarannya melalui sekolah, seperti halnya PSSB Jalur Potensi Akademik.
Potensi Pengembangan & Kerjasama













Deskripsi

Seleksi Potensi Pengembangan & Kerjasama yaitu seleksi yang mendasarkan pada minat dan kerjasama untuk pengembangan Undip dalam bentuk partisipasi sumbangan pendidikan dengan tetap memperhatikan prestasi akademik pelamar pada waktu belajar di SMA/MA. PSSB Jalur Pengembangan dan Kerjasama ini terutama dilandasi oleh Peraturan Pemerintah No. 2 tahun 2005 tentang Subsidi Silang Biaya Operasi Perguruan Tinggi.

Mitra Kerjasama dan Persyaratan Pelamar

(1) Pihak yang dapat bertindak sebagai mitra kerjasama adalah :

  • · Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kota

  • · Perusahaan yang membina SMA/MA

  • · Institusi di Luar Negeri

  • · Sekolah (SMA/MA) yang berminat

  • · Orang tua/Penyandang Dana


(2) Calon pelamar adalah siswa kelas III SMA/MA pada tahun 2010 yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • · Tidak pernah tinggal kelas.

  • · Termasuk dalam 5 besar terbaik pada semester 1 di kelas III untuk pelamar P.S. Pendidikan Dokter, 10 besar terbaik untuk Program Studi yang lain.

  • · Mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolahnya masing-masing.


Persyaratan Administrasi

Syarat administrasi untuk PSSB Jalur Potensi Pengembangan dan Kerjasama sama dengan PSSB Jalur Potensi Akademik.

Cara Melamar

(1) Proses pengajuan lamaran untuk PSSB jalur Potensi Pengembangan dan Kerjasama mengikuti pengajuan lamaran untuk PSSB jalur Potensi Akademik.

(2) Pihak mitra kerjasama yang berminat mengikuti jalur Potensi Pengembangan & Kerjasama mengajukan permo-honan kerjasama dengan mengisi formulir dan menghubungi Telp (024) 7460041 atau Fax (024) 7460033 (Senin - Jumat, pukul 09.00-15.00 WIB)

(3) Pihak mitra kerjasama mengikuti wawancara dengan Tim Seleksi untuk membahas mengenai pilihan program studi dan besarnya sumbangan pengembangan. Jadwal wawancara akan ditentukan kemudian.
biaya pendidikan jalur PSSB S1







No comments: