Monday, January 18, 2010

ITS 2010 PMDK Online

PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SARJANA ITS
PROGRAM PENELUSURAN MINAT & KEMAMPUAN (PMDK)
TAHUN AKADEMIK 2010/2011


Sistem Penerimaan Calon Mahasiswa Baru ITS tahun akademik 2010/2011 untuk program Sarjana dilakukan melalui Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan melalui Program Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) serta Program Kemitraan dan Mandiri (PKM). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui program PMDK dan PKM adalah:

  • Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas

  • Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan


Khusus seleksi melalui program PMDK untuk program pendidikan sarjana (S1) terdapat 2 (dua) kategori yang dapat diikuti:

  1. PMDK REGULER:
    Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK-sejenis yang mempunyai nilai rapor yang tinggi.

  2. PMDK BERPRESTASI:
    Diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan SMK-sejenis yang menjadi juara I s.d. III dalam kejuaraan/lomba/olimpiade bidang sains, teknologi, serta seni lukis dan/atau seni rupa di tingkat nasional/internasional.


Persyaratan dan Ketentuan



  1. Pendaftar adalah siswa yang akan lulus pada tahun 2010.

  2. Semua nilai kognitif mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 s.d. 5 (kelas reguler/internasional) dan semester 1 s.d. 4 (kelas akselerasi) harus mempunyai nilai rata-rata minimum 7 (untuk skala 10) atau 70 (untuk skala 100).

  3. Bagi pendaftar program PMDK Berprestasi harus mempunyai prestasi sebagai juara I s.d. III dalam kejuaraan/lomba/olimpiade tingkat nasional/internasional (perorangan) sebagai berikut:

    • Prestasi tingkat nasional: lomba tingkat nasional yang diselenggarakan oleh LIPI, PTN, BPPT, LAPAN, DIKNAS, dan institusi/organisasi lain yang kredibel; dan/atau

    • Prestasi tingkat internasional: lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh institu­si/organisasi yang kredibel.



  4. Setiap pendaftar hanya boleh memilih satu program studi.

  5. Pendaftar tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.


Tata Cara dan Biaya Pendaftaran



  1. Pendaftaran dilaksanakan secara on-line antara tanggal 4 Januari s.d. 2 April 2010 melalui website ITS di http://www.its.ac.id dan mengirimkan dokumen pendukung dengan tata cara sebagai berikut:

    1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- secara langsung di seluruh cabang Bank BNI, dengan menyebut secara jelas kepada petugas teller bank bahwa yang bersangkutan akan mendaftar Program PMDK ITS.

    2. Mendapatkan bukti pembayaran dari Bank BNI yang di dalamnya terdapat PIN (Personal Identification Number) sepanjang 16 karakter untuk keperluan pendaftaran secara on-line.

    3. Melakukan pendaftaran secara online di http://www.its.ac.id dengan menyiapkan kelengkapan sebagai berikut:

      • File pas foto ukuran 4x6 cm (memakai pakaian yang sopan dan rapi) berformat JPEG atau PNG dengan ukuran maksimum 500 KB

      • Rapor untuk mengisi nilai mata pelajaran semester 1 s.d. 5 (kelas reguler/internasional) atau semester 1 s.d. 4 (kelas akselerasi)

      • Piagam/sertifikat/penghargaan juara I s.d. III di kejuaraan/lomba/olimpiade tingkat nasional/internasional  yang diperoleh selama belajar di SMA/MA/SMK-sejenis (khusus pendaftar program PMDK Berpestasi)





  2. Pendaftar harus mengirimkan dokumen tersebut di bawah ini (secara langsung maupun melalui jasa kurir) mulai tanggal 4 Januari s.d.  3 April 2010 (stempel pengiriman) kepada:


Rektor ITS
u.p. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) ITS
Kampus ITS, Sukolilo
Surabaya 60111



    1. Bukti cetak pendaftaran on-line.

    2. Fotokopi bukti/slip pembayaran biaya pendaftaran.

    3. Fotocopy DANEM/NUN SLTP yang telah dilegalisasi.

    4. Fotokopi rapor yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah: semester 1-5 untuk siswa kelas reguler/internasional, dan semester 1-4 untuk siswa kelas akselerasi.

    5. Fotokopi piagam/sertifikat kejuaraan/lomba/olimpiade tingkat nasional/internasional (pero­rang­an) yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.




Biaya Pendidikan


Setiap mahasiswa ITS diwajibkan membayar:

  • Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sebesar Rp. 1.500.000,- per semester.

  • Biaya pelaksanaan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) sebesar Rp. 1.500.000,-

  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), seperti ditunjukkan dalam tabel di bawah, yang dibayarkan sekali selama kuliah pada saat melakukan pendaftaran ulang.




















Program SPP (Rp.)SPI (Rp.)
PMDK Reguler1.500.000,-3.500.000,-
PMDK Berprestasi1.500.000,-Bebas

No comments: