Friday, October 17, 2008

Regenerasi dan Kaderisasi harus berjalan

SMA Negeri 8 Jakarta bukanlah hanya sebuah sekolah untuk meningkatkan akademik siswa, sekolah juga telah menjadi lembaga pendewasaan siswa untuk berpikir, beraktivitas dan bersosialisasi. Minggu ini hingga Pengambilan rapor kelak, SMA Negeri 8 Jakarta akan amat disibukkan oleh kegiatan OSIS dan juga Kesiswaan. Besok hari jum'at akan ada sidang untuk penentuan 3 besar calon PO/PK. Regenerasi harus terjadi seiring dengan waktu. Dengan adanya regenerasi maka seorang pemimpin akan diingatkan bahwa organisasi tidak akan seumur hidup baginya. Sehingga dalam kepemimpinan akan menghasilkan yang terbaik.
Regenerasi hanya akan terjadi dengan baik jika ada kaderisasi yang benar pula. Rasulullah pernah mengajarkan untuk membentuk generasi sesuai denagan jamannya, yang kedua ajarkan anak-anak dengan memanah dan berenang. Dua hal ini menjadi fokus saya minggu ini. Membentuk sesuai jaman adalah yang paling sulit, karena jamanyang akan datang hanya bisa diprediksi. Tetapi dengan pengalaman yang ada, dengan alat ukur yang baik tentunya kaderisasi akan semakin mendekati prediksi tersebut. Jadi tugas para pemimpin dan pelatih untuk mengkaderisasi dengan memasukan "ramalan" kondisi masa depan.
Sedangkan ajarkan anak-anak dengan memanah dan berenang, saya melihatnya dua kegiatan ini adalah pelatihan untuk peningkatan kemampuan diri. Memanah selain POWER ada yang lebih penting yaitu KONSENTRASI/FOKUS. Konsentrais akan lebih utama pada kondisi ini, baru power yang mensuplay kekuatan. Kelebihan tenaga tanpa fokus akan menghasilkan arah tujuan yang tidak jelas. Berenang adalah kemampun lebih dari manusia untuk beraktivitas di alam lain, air. Tentunya stamina dan power harus diperhitungkan dengan amat matang. Rasulullah memebentuk generasi berikutnya dengan kondisi itu, fokus, stamina dan power.
Berbekal ini semua saya coba menebak kekuatan OSIS SMA Negeri 8 Jakarta Periode berikutnya :
Tiga besar Calon PO yang saya harapkan adalah :
1. Iman
2. IIe
3. Mulia

Susunan DPH PO
1. Ketum : IIe
2. Waka 1 : Mulia
3. Waka 2 : Iman
4. Sekum : Kania
5. Sekum 1 : Jaja
6. Sekum 2 : Nessa
7. Bendahara 1 : Ifa
8. Bendahara 2 : Nindya
9. Kasie 1 : Radit
10. Kasie 2 : Andhika
11. Kasie 3 : Binar
12. Kasie 4 : Sheby
13. Kasie 5 : Delia
14. Kasei 6 : Fajar
15. Kasie 7 : Yuan
16. Kasie 8 : Ankri Hakam

Pada tiga besar yang diatas saya melihat potensi tersebut, selain itu juga terkandung hal-hal yang positif. Ada yang organisatoral banget, ada yang dikenal banget ama angkatan, ada tim schedul-nya bagus banget. Tapi dua diantaranya penuh ketenangan, yang satunya harus belajar menyampaikan pendapat secara baik.  Untuk semua kasie udah saya susun sesuai kemampuan masing-masing. Lagi-lagi ini baru prediksi saya, hehehhe

2 comments:

ayaelectro said...

wah pak, blognya bagus juga nih buat referensi saya...hehe, kalo bisa mampir2 ya pak ke blog saya.

wangsajaya said...

hahahha dasr blog-blog ini. mau share silakan aja