Thursday, December 4, 2008

Menyikapi TeSIS 2008




Kalau kita lihat dari kegiatan TeSIS 2008 maka akan ada beberapa hal yang harus disikapi oleh siswa agar tujuan TeSIS dapat tercapai, dan siswa dengan senang menikmati kegiatan ini. Buat kami yang sudah merasakan TeSIS beberapa kali, tentunya akan berusaha agar peserta TeSIS 2008 dapat mendapatkan makna kegiatan ini.
  1. Kegiatan ini akan penuh dengan pengalaman menyenangkan, amat penuh. Kita akan tahu sekuat apa teman akan mendukung kita, kita akan tahu kelemahan dan kelebihan teman saat dalam posisi "tertekan", seberapa banyak teman yang mampu dengan tenang menyelsaikan masalah dengan kepala dingin, bukan mencari permusuhan, hehehehhe. Jadi yang MT akan terlihat ke-MT-an nya.
  2. Potensi jiwa peneliti atau manusia tahan banting, pantang menyerah dan bahkan inovasi dan ide-ide kreatif akan terkuat, terpancar dan bahkan akan terwujud. Inilah yang seharusnya ada dalam setiap jiwa anak manusia, jika ingin tetap hidup di masa akan datang.
  3. Kemampuan bernegosiasi, bersosialisasi dan menyampaikan ide baik secara tulisan atau pun ungkapan, yang kata orang merupakan kunci kesuksesan manusia akan terlatih dengan baik, karena waktu yang terbatas dan kondisi masyarakat yang berbeda akan menuntut kemampuan tersebut untuk tanpil.
  4. Kedewasaan menyikapi semua kondisi, seperti yang pernah AA Gym sampaikan, masalah akan menjadi besar ketika kita salah menyikapinya, apalagi salah mengaturnya. Berdamailah dengan masalah, sehingga kita dapat mempelajari hingga sejauh mana dampak negatif yang dapat ditimbulkannya.
Nikmatilah TeSIS, karena banyak hal yang berharga. Bahkan menit demi menit. Salah seorang lulusan TeSIS, Shana Fatina yang menjabat sebagai Presiden ITB, alumni SMA Negeri 8 Jakarta kelas Akselerasi 2004, mulai terlihat kemampuannya saat itu. Bahkan beberapa siswa yang dulunya amat sukar mengungkapkan ide, menjadi mampu berkolaborasi dengan teman-temannya untuk membuat ide-ide baru, hahahahhaa.

1 comment:

lequoaila said...

wah..aku baru baca Pak Jambrong..hehhebisa aja..kangen euy!