Tuesday, May 12, 2009

Variabel keberhasilan SMA Negeri 8 Jakarta


Variabel yang Menentukan Keberhasilan Siswa


pada Ujian masuk PerguruanTinggi 2009




Pendahuluan

Pendidikan adalah sebuah usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam menghadapi kehidupan dalam waktu yang berjalan. Pernyataan tersebut menuntut masyarakat untuk memperbaiki mutu kehidupan, salah satunya adalah mencapai taraf pendidikan yang lebih baik. Untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik maka segala persiapan diperlukan untuk mendapatkannya. Mutu pendidikan yang baik belum banyak, oleh karena lemabaga pendidikan yang baik sering menjadi incaran banyak orang. Hal menimbulkan kompetisi yang cukup sengit antar pelajar.

Perguruan Tinggi Negeri secara umum masih mempunyai mutu terbaik di negeri ini. Mutu lulusan, SDM dan sarana serta kebijakan yang ada membuat PTN tetap menjadi standar Perguruan Tinggi di Indonesia. Biaya perkuliahan pun menjadai salah satu kendala masuk perguruan tinggi. Tetapi tetap saja biaya di Perguruan Tinggi Negeri relatif lebih murah dari Perguruan Tinggi Swasta.

Di sisi lain, untuk mendapatkan mahasiswa yang baik dari sisi kemampuan akademik dan kemampuan financial, Perguruan Tinggi berlomba-lomba mengadakan Seleksi Ujian Masuk sebelum ujian sekolah, bahkan pengumuman dan pembayaran biaya kuliah sebelum siswa melaksanakan Ujian Nasional. Tahun 2009, ada 4 Perguruan Tinggi Negeri yang melaksnakan Ujian Masuk selama Maret – April,  yaitu UI, ITB, UGM dan Undip.

Penelitian ini akan berusaha mencari hubungan antara nilai akademik terhadap hasil ujian masuk perguruan tinggi negeri. Nilai akademiki yang akan digunakan adalah Nilai Rapor kelas XI dan XII, serta Try Out Ujian Nasional. Penelitian di lakukan di SMA Negeri 8 Jakarta dengan populasi sample kelas XII IPA berjumlah 308 siswa.

Permasalahan

  1. Bagaimanakah hasil Try Out Ujian Nasional siswa SMA Negeri 8 Jakarta ?

  2. Bagaimanakah  Nilai Rapor siswa SMA Ngeri 8 Jakarta ?

  3. Adakah korelasi antara hasil Try Out atau nilai Rapor terhadap hasil ujian masuk perguruan tinggi, atau apakah keduanya menjukkan korelasi ?

  4. Manakah yang paling berpengaruh, hasil Try Out atau Nilai Rapor ?


Batasan Masalah

  • Try Out Ujian Nasional adalah sebuah bentuk tes yang ditujukan untuk melatih siswa dalam simulasi Ujian Nasional. Soal disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan yang merupakan 80-90%% dari indikator yang ada. Sehingga secara umum soal try out mewakili hampir semua materi yang diujikan saat seleksi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Ada pun mata pelajaran yang Try  Out adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jumlah nilai try out yang digunakan adalah 4 buah. Semua try out berasal dari Dikmenti DKI Jakarta.

  • Rapor atau hasil belajar yang dimaksud adalah hasil belajar siswa yang telah dibukukan berupa rapor, dan hanya akan dilihat hasil belajar untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Rapor yang diambil adalah 3 semester, yaitu semester ganjil kelas XI, semester genap kelas XI dan semester ganjil kelas XII. Rapor kelas X tidak digunakan karena belum menenetukan hasil siswa akan dijuruskan ke IPA atau IPS.

  • Ujian masuk perguruan tinggi adalah serangkaian ujian untuk masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak PTN, dengan mata uji berupa; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika Dasar, Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi dan IPA Terpadu. Terekadang untuk menunjukkan kekhususan juga ditambahkan Bakat Skolastik atau pun Tes Potensi Akademik. Untuk beberapa jurusan tertentu ujian menggambar juga dilakukan.

  • Siswa yang dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri berarti telah lulus  dari standar minimal untuk berkuliah dan diyakini mampu menyelesaikan studi sesuai dengan waktu yang tersedia.


Berikut Hasil Pengolahan Datanya































































































































































DATA RAPOR



NILAI



TERIMA



BELUM



TOTAL



PROSENTASE



TERIMA 2 PT



> 89



1



0



1



100.00



1



80 - 89



110



37



147



74.83



46



70 -79



76



84



160



47.50



19



60 - 69



0



0



0



#DIV/0!



0



< 60



0



0



0



#DIV/0!



0



JUMLAH SISWA





308







DATA TRY OUT



NILAI



TERIMA



BELUM



TOTAL



PROSENTASE



TERIMA 2 PT



> 89



0



0



0



#DIV/0!



80 - 89



20



1



21



95.24



11



70 -79



112



50



162



69.14



39



60 - 69



54



63



117



46.15



13



< 60



1



7



8



12.50



1



JUMLAH SISWA





308









4 comments:

nisaflamethrower said...

pak ini awesome banget hehehehe

wangsajaya said...

maksudnya ????

nisaflamethrower said...

awesome... penelitian nya yang awesome...... ceramahnya juga sih :P

wangsajaya said...

huahuahua gedubrak, hehehhee. Hasilnya yang harusnya awesome, ini belum seberapa nak...