Tuesday, September 2, 2008

Peringkat snmptnnasional 2008

Lulusan SMA DIY Peringkat Teratas SNMPTN 2008



Yogyakarta-Lulusan SMA dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2008, menempati peringkat teratas pada SNMPTN, baik untuk kelompok IPA atau IPS.
“Ini menandakan pendidikan di DIY berkualitas baik, karena soal yang diujikan di seluruh Indonesia sama, dan ternyata DIY berada di peringkat teratas,” kata panitia lokal SNMPTN Yogyakarta Rochmat Wahab, Jumat (1/8).
Peringkat kedua untuk kategori IPA diduduki DKI Jakarta, disusul Jawa Tengah, Bali, dan Jawa Timur, sedang untuk IPS berada di peringkat kedua adalah Jateng, disusul DKI Jakarta, Jatim, dan Bali.
Rata-rata nilai untuk kategori IPA pada SNMPTN ialah 499,99 dan DIY memiliki rata-rata 594,01, sedangkan untuk IPS nilai rata-rata DIY ialah 592,04 lebih tinggi dari nilai rata-rata SNMPTN sebesar 500,00.
Dari kelompok perguruan tinggi, rata-rata nilai tertinggi untuk IPA berada di ITB disusul UGM dan Universitas Airlangga, sedang untuk IPS berada di UGM, disusul UI di peringkat kedua dan Unair di posisi ketiga. Untuk panitia lokal Yogyakarta terdapat total 1.859 mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN masing-masing 1.004 di UNY, 507 di UIN Sunan Kalijaga, dan 384 di UGM.
Menurut Rochmat yang juga menjabat sebagai Pembantu Rektor I UNY, jumlah mahasiswa yang diterima UNY melalui SNMPTN lebih banyak dari kuota awal yang ditetapkan sebesar 990 mahasiswa.
“Karena ada beberapa mahasiswa yang diterima melalui SM (Seleksi Mandiri) atau PBU (Penelusuran Bibit Unggul) tidak mendaftar ulang sehingga bangkunya dialokasikan untuk SNMPTN,” katanya.
Meski demikian masih ada program studi yang belum terisi penuh seperti Pendidikan Seni Kerajinan Jurusan Pendidikan Seni Rupa yang masih menyisakan empat bangku kosong.
Prodi yang masuk dalam Fakultas Bahasa dan Sastra UNY tersebut pada mulanya hanya memasang kuota 10 mahasiswa baru melalui SNMPTN, dan kemudian menambahnya menjadi 15 bangku. “Hingga pengumuman SNMPTN baru terisi 11 mahasiswa baru, tetapi pada dasarnya kuota itu masih tercapai,” kata Rochmat.
Secara keseluruhan terdapat 9.019 kursi kosong dari 47 PTN yang mengikuti SNM-PTN 2008, dan hanya 10 PTN yang dapat memenuhi kuotanya. Registrasi ulang mahasiswa baru yang diterima melalui SNMPTN akan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu 4-6 Agustus. (ant)






Copyright © Sinar Harapan 2008

No comments: