Wednesday, August 25, 2010

Bakso Jamur Bumbu Rempah, Ada di Yogya

Minggu, 22 Agustus 2010 | 11:26 WIB

KOMPAS.COM/EGIDIUS PATNISTIKYOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menu bakso tentunya sudah akrab di telinga para pencinta masakan bakso di Yogyakarta, namun berbeda dengan bakso jamur yang disajikan dengan cita rasa kuah bumbu rempah-rempah yang asin, gurih, dan beraroma rempah.

"Bakso jamur ini tergolong baru di Yogyakarta, meskipun sebelumnya pernah ada bakso jamur di kota lain," kata penjual Bakso Jamur di Kota Yogyakarta, Roni, Minggu (22/8/2010).

"Bakso jamur saya ini terbuat dari campuran daging sapi dan jamur kuping, kemudian jadilah bentuk bakso jamur kuping yang bulat-bulat seperti bentuk bakso pada umumnya",katanya.

Bakso ini menggunakan bahan campuran jamur kuping bukan jamur lainnya, karena bakso yang dibuat dari daging daan jamur kuping hasilnya akan lebih lentur dan kenyal dibandingkan dengan jenis jamur lainnya, kata Roni.

Menurut dia, keistimewaan dan ciri khas bakso jamur ini, adalah memadukan antara daging sapi dan sayuran jamur. Selain itu bakso jamur ini mempunyai khasiat yang dapat mengurangi tingkat kolestrol seseorang.

Selain itu, dirinya juga ingin membuat suatu hal yang unik dan berbeda dengan jenis bakso lainnya, khususnya soal rasa dari kuah bakso jamur kuping ini.

Kuah bakso jamur ini dibuat dari campuran kaldu sapi dan resep rempah-rempah pilihan, salah satunya adalah menggunakan kluwak, sehingga kuah bakso ini terlihat keruh, tidak bening, namun rasa rempah-rempahnya sangat terasa, kata Roni.

Menurut dia,untuk bentuk dari basko jamur ini meyerupai bakso urat yang berserat, hanya jika pada bakso urat terbuat dari serat daging, berbeda dengan bakso jamur ini seratnya dari potongan-potongan jamur kuping.

"Dalam satu malam, saya dapat menjual sebayak 200 porsi bakso jamur, dengan sistem penjualanya secara prasmanan, yaitu konsumen dapat mengambil bakso jamur ini sediri dengan pelengkap-pelengkapnya,"katanya.

Kata Roni, untuk harga satu porsi bakso jamur ini di hitung per buah bakso, namun diriya mematok harga untuk 3 buah bakso jamur beserta pelengkapnya Rp 7.000.

Bakso jamur ini buka setiap hari yaitu dari jam 17.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB yang terletak di Kawasan Jalan Mangkubumi, Kota Yogyakarta.

Ia juga mengatakan untuk jumlah pendapatanya dalam satu malam mencapai Rp 300.000 dan juga berencana dalam waktu dekat akan membuka cabang di tempat lain, masih di wilayah Yogyakarta, yaitu di Seturan.

No comments: