Saturday, March 20, 2010

Tes Potensi Akademik dan Bakat Skolastik

Mulai beberapa tahun belakang ini, Perguruaan Inggi Negeri mengakan tes potrensi akademikatau bakat skolastik. Siswa mendapatkan soal sejenis pada saat mengikuti psikotes. Untuk dapata menghasilkan hasil yang optimal diharapkan siswa dalam kondisi :
1. stamina yang baik
2. ketenangan
3. teliti
4. tidak terpengaruh peserta lain

sebgai bahan latihan, dipersialakan untuk mengunduh file-fike berikut.

TES BAKAT SKOLASTIK 1

TES BAKAT SKOLASTIK 2

TES BAKAT SKOLASTIK 3

TES BAKAT SKOLASTIK 4

TES BAKAT SKOLASTIK 5

POTENSI AKADEMIK 1

POTENSI AKADEMIK 2

POTENSI AKADEMIK 3

POTENSI AKADEMIK 4

POTENSI AKADEMIK 5

Soal-soal ujian perguruan tinggi

Kalau sduah selesai UN, maka persiapam ujian perguruan tinggi makin intensif. Pada bagian ini saya akan tampilkan soal-soal ujian perguruan tinggi negeri. Bapak-ibu guru yang ingin menambah pengetahuan dan para siswa yang ingin meningkatkan kompetensinya dipersialakn saja.

Soal Ujian Masuk Undip IPS 2008

7 Prediksi Soal Matematika UMB 2010


1 Prediksi Soal Geografi UMB 2010


5 Prediksi Soal BAHASA INGGRIS - UMB 2010


8 Prediksi Soal Biologi UMB 2010



6 Prediksi Soal MATDAS - UMB 2010

3 Prediksi Soal Ekonomi UMB 2010



4 Prediksi Soal Bahasa Indonesia - UMB 2010


10 Prediksi Soal Kimia UMB 2010.


2 Prediksi Soal Sejarah UMB 2010


9 Prediksi Soal Fisika UMB 2010

PREDIKSI MATEMATIKA DASAR SIMAKU I2010


PREDIKSI KIMIA SIMAKUI 2010

PREDIKSI IPA TERPADU SIMAKUI 2010

PREDIKSI BAHASA INDONESIA SIMAKUI 2010


PREDIKSI BIOLOGI SIMAKUI 2010


PREDIKSI IPS TERPADU SIMAKUI 2010

PREDIKSI FISIKA SIMAKUI 2010

PREDIKSI GEOGRAFI SIMAKUI 2010

PREDIKSI BAHASA INGGRIS SIMAKUI 2010

Bocoran Ujian Nasional Geografi 2010

Bocoran ? nggak mungkinlah guru membocorkan soal Ujian Nasional. Guru terlalu menghormati keinginan luhur untuk membentuk anak bangsa. Bocoran hanya akan menghancurkan mental siswa untuk percaya diri dan bersaing secara sehat. Berikut ini adalah kumpulan soal yang saya kerjakan, saya beranggapan saking lengkapnya maka tidak ada lagi materi UN yang tertinggal, sehingga saya menamainya : BOCORAN UN

soal ujian akhir semester 2009-2010

soal latihan ujian ptn 2009-2010

TRY OUT 119112009A


Kisi-kisi ujian nasionalgeografi

Bocoran UN SK perkembangan wilayah dan negara maju 2010

Bocoran UN SK peta dan pemetaan 2010

Bocoran UN SK unsur sosial dan industri 2010

Bocoran UN SK hakikat prinsip konsep dan pendekatan geografi

Bocoran UN SK citra penginderaan jauh dan sig 2010

Bocoran UN SK Hisrosfer, atmosfer, lithosfer, pedosfer, antroposfer 2010

Bahan Ajar Geografi SMA Negeri 8 Jakarta

Geografi adalah saya,... dibesarkan di SMA Negeri 8 Jakarta, berkuliah di Geografi UI hingga batas waktu, mengajar di almamater tercinta dengan kajiab geografi, dan sekarang sedang menyelesaikan perkuliahan di magister geografi UI. Dari geografi kembali ke geografi. I love it.

Berikut ini adalah materi-materi tentang ke geografian, silakan buat bapak ibu guru untuk bertukar pikiran atau mendownload soal atau materi yang ada. Semua untuk kebaikan bangsa dan negara.

peta dan inderaja

pengetahuan peta

skala dan proyeksi peta

sistim informsi geografi

sumberdaya manusia

perairan darat dan laut


laut dan pesisir


lithosfer

cuaca dan ilkim


lingkungan hidup dan pembangunan

bentuk muka bumi

geografi dan manfaatnya

penginderaan jauh

atmosfer

pedosfer

lahan kritis

Olimpiade Sains Nasional Kebumian

Salah satu OSN yang paling baru adalah OSN Kebumian, atau earth secience. Bidang yang mirip geografi ini, ternyata tidak melulu belajar geografi. Kajian astronomi, geologi, dan fisika batuan amat banyak dipaparkan. Ole karenanya Kebumian, akan terasa lebih GEOGRAFI FISIK.

Untuk itu kepada teman-teman guru yang selama ini mengajar Geografi, tinggal sedikit menambah materi, sehingga siswa dapat ikutdalam OSN Kebumian. Silakan didownload materi atau pun soal seleksi yang berhasil kami kumpulka.

Soal OSN Kebumian Jakarta Selatan 2009

KUNCI2009

03 Earth ScOlympiad Question.

Panduan_Kawasan 2008

Bahan OSN Kebumian presentasi

patahan sinistral

Contoh Soal SGO 2007 ugm


HIDROLOGI2.

rip curret

tsunami


SILABUS DAN KISI OSN KEBUMIAN 2008

PLATE TECTONIC THEORY


silabusaliieso 2007

bumi materi osn kebumian1

Materi Astronomi bagian 2

Berikut adalah materi pelatihan 2 yang dilaksnakan di SMA Negeri 8 Jakarta. Silakan dimanfaatkan oleh para siswa dan guru pembimbing astronomi di sekolah

Asteroid_Komet_Meteor

GALAKSIBIMASAKTI

Bulan Satelit Bumi


JAGAD RAYA

SoalBabak 1 Final Lomba Cepat Tepat PAJ 2007

Pertanyaan1

Pertanyaan 3

Pertanyaan 2

Kosmologi-HAAJ2007

Messier Catalogue

Penyisihan I- Cepat Tepat - PAJ2007


PenyisihanII-Cepat Tepat-PAJ2007

Menjelajahi Jagad Raya - 2006 - sman8

OAP2007-soal

Jawaban Pertanyaan 2

LatihanSoalFisika-Mtmtk-Astro1- 26 Maret 2009-soal.

OA2005-Kunjaya1-Soal

ASTEROID-astroparty 2006

100hoursofastronomy- IYA2009

Friday, March 19, 2010

LATIHAN ASTRONOMI

Silakan di download latihan OSN astronomi

LATIHAN 1

LATIHAN 2

LATIHAN 3

LATIHAN 4

LATIHAN 5


LATIHAN 6

LATIHAN 7


LATIHAN 8

LATIHAN 9

LATIHAN 10

LATIHAN 11

LATIHAN 12

Soal-soal dan Materi OSN Astronomi 2010

Berikut ini ada banyak soal-soal uji dan seleksi dari Olimpiade Saisn Nasional dan materi OSN Astronomi. Sebagian besar adalah materi dari Pelatihan Astronomi yang dilakukan di SMA NEGERI 8 Jakarta. SMA Negeri 8 Jakarta merupakan slah satu science center astronomi di Jakarta.

Olimpiade astronom untuk sman 2005

OAKK 2006
,
OAKK 2005

SOLAR SYSTEM

STAR AND CLUSTER


OBSERVATORIUM

ASTRO PARTY 2006

APLIKASI SISTEM KOORDINAT


KLASIFIKASI BENDA LANGIT


LATIHAN OAP 2007

Thursday, March 18, 2010

Pra Seleksi OSN Kebumian Kodya Jakarta Selatan

buat teman-teman siswa atau bapak ibu guru, Pra seleksi OSN DKI Jakarta per kodya akan dimulai akhir bulan ini. Untuk wilayah Jakarta Selatan akan di mulai pada 29 Maret 2010, seleksi antar sekolah tersebut hanya akan mengambil 100 siswa terbaik. Selanjjutnya akan ada 3 hari pelatihan di masing-masing Science center, tentatif tergantung SC, tetapi jadwl bakunya 31 Maret, 1 April dan 5 April 2010. Tanggal 7 April dari setiap kodya akan di seleksi untuk menjadi wakil kodya sebanyak 25 siswa terbaik. Siswa tersebut jumlah akan menjadi 125 siswa, mengikuti pelatiahan tingkat DKI.

Berikut saya serahkan : SOAL SELEKSI PRA OSN KEBUMIAN JAKARTA SELATAN 2009 dan JAWABANNYA.

Mari memberikan yang terbaik untuk DKI Jakarta...

Tuesday, March 16, 2010

Tuhan Sembilan Senti (Puisi Taufiq Ismail tentang bahaya rokok)

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok, tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok, Di sawah petani merokok, di pabrik

via Tuhan Sembilan Senti (Puisi Taufiq Ismail tentang bahaya rokok).

TUHAN SEMBILAN SENTI
(Puisi Taufiq Ismail Tentang Bahaya Rokok)
http://sekolahku.info/2009/11/tuhan-sembilan-senti-puisi-taufiq-ismail-tentang-bahaya-rokok/

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok,

Di sawah petani merokok,
di pabrik pekerja merokok,
di kantor pegawai merokok,
di kabinet menteri merokok,
di reses parlemen anggota DPR merokok,
di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok,
hansip-bintara-
perwira nongkrong merokok,
di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im
sangat ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,

Di balik pagar SMU murid-murid mencuri-curi merokok,
di ruang kepala sekolah ada guru merokok,
di kampus mahasiswa merokok,
di ruang kuliah dosen merokok,
di rapat POMG orang tua murid merokok,
di perpustakaan kecamatan ada siswa bertanya
apakah ada buku tuntunan cara merokok,

Di angkot Kijang penumpang merokok,
di bis kota sumpek yang berdiri yang duduk
orang bertanding merokok,
di loket penjualan karcis orang merokok,
di kereta api penuh sesak orang festival merokok,
di kapal penyeberangan antar pulau penumpang merokok,
di andong Yogya kusirnya merokok,
sampai kabarnya kuda andong minta diajari pula merokok,


Negeri kita ini sungguh nirwana
kayangan para dewa-dewa bagi perokok,
tapi tempat cobaan sangat berat
bagi orang yang tak merokok,

Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru,
diam-diam menguasai kita,

Di pasar orang merokok,
di warung Tegal pengunjung merokok,
di restoran di toko buku orang merokok,
di kafe di diskotik para pengunjung merokok,

Bercakap-cakap kita jarak setengah meter
tak tertahankan asap rokok,
bayangkan isteri-isteri yang bertahun-tahun
menderita di kamar tidur
ketika melayani para suami yang bau mulut
dan hidungnya mirip asbak rokok,

Duduk kita di tepi tempat tidur ketika dua orang bergumul
saling menularkan HIV-AIDS sesamanya,
tapi kita tidak ketularan penyakitnya.
Duduk kita disebelah orang yang dengan cueknya
mengepulkan asap rokok di kantor atau di stopan bus,
kita ketularan penyakitnya.
Nikotin lebih jahat penularannya
ketimbang HIV-AIDS,

Indonesia adalah sorga kultur pengembangbiakan nikotin paling subur di dunia,
dan kita yang tak langsung menghirup sekali pun asap tembakau itu,
Bisa ketularan kena,

Di puskesmas pedesaan orang kampung merokok,
di apotik yang antri obat merokok,
di panti pijat tamu-tamu disilahkan merokok,
di ruang tunggu dokter pasien merokok,
dan ada juga dokter-dokter merokok,

Istirahat main tenis orang merokok,
di pinggir lapangan voli orang merokok,
menyandang raket badminton orang merokok,
pemain bola PSSI sembunyi-sembunyi merokok,
panitia pertandingan balap mobil,
pertandingan bulutangkis,
turnamen sepakbola
mengemis-ngemis mencium kaki sponsor perusahaan rokok,

Di kamar kecil 12 meter kubik,
sambil ‘ek-’ek orang goblok merokok,
di dalam lift gedung 15 tingkat
dengan tak acuh orang goblok merokok,
di ruang sidang ber-AC penuh,
dengan cueknya,
pakai dasi,
orang-orang goblok merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu-na’im
sangat ramah bagi orang perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup
bagi orang yang tak merokok,

Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru,
diam-diam menguasai kita,

Di sebuah ruang sidang ber-AC penuh,
duduk sejumlah ulama terhormat merujuk
kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa.
Mereka ulama ahli hisap.
Haasaba, yuhaasibu, hisaaban.
Bukan ahli hisab ilmu falak,
tapi ahli hisap rokok.
Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka
terselip berhala-berhala kecil,
sembilan senti panjangnya,
putih warnanya,
ke mana-mana dibawa dengan setia,
satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya,

Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang,
tampak kebanyakan mereka
memegang rokok dengan tangan kanan,
cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri.
Inikah gerangan pertanda
yang terbanyak kelompok ashabul yamiin
dan yang sedikit golongan ashabus syimaal?

Asap rokok mereka mengepul-ngepul di ruangan AC penuh itu.
Mamnu’ut tadkhiin, ya ustadz.
Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz.
Kyai, ini ruangan ber-AC penuh.
Haadzihi al ghurfati malii’atun bi mukayyafi al hawwa’i.
Kalau tak tahan,
Di luar itu sajalah merokok.
Laa taqtuluu anfusakum.

Min fadhlik, ya ustadz.
Rokok hukumnya haram!

Rokok hukumnya haram!

25 penyakit ada dalam khamr.
Khamr diharamkan.
15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi).
Daging khinzir diharamkan.
4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok.
Patutnya rokok diapakan?

Tak perlu dijawab sekarang, ya ustadz.
Wa yuharrimu ‘alayhimul khabaaith.
Mohon ini direnungkan tenang-tenang,
karena pada zaman Rasulullah dahulu,
sudah ada alkohol,
sudah ada babi,
tapi belum ada rokok.

Jadi ini PR untuk para ulama.
Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok,
Lantas hukumnya jadi dimakruh-makruhkan,
jangan,

Para ulama ahli hisap itu terkejut mendengar perbandingan ini.
Banyak yang diam-diam membunuh tuhan-tuhan kecil yang kepalanya berapi itu,
yaitu ujung rokok mereka.
Kini mereka berfikir.
Biarkan mereka berfikir.
Asap rokok di ruangan ber-AC itu makin pengap,
dan ada yang mulai terbatuk-batuk,

Pada saat sajak ini dibacakan malam hari ini,
sejak tadi pagi sudah 120 orang di Indonesia mati karena penyakit rokok.
Korban penyakit rokok
lebih dahsyat ketimbang korban kecelakaan lalu lintas,
lebih gawat ketimbang bencana banjir,
gempa bumi dan longsor,
cuma setingkat di bawah korban narkoba,

Pada saat sajak ini dibacakan,
berhala-berhala kecil itu sangat berkuasa di negara kita,
jutaan jumlahnya,
bersembunyi di dalam kantong baju dan celana,
dibungkus dalam kertas berwarni dan berwarna,
diiklankan dengan indah dan cerdasnya,

Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri,
tidak perlu ruku’ dan sujud untuk taqarrub pada tuhan-tuhan ini,
karena orang akan khusyuk dan fana
dalam nikmat lewat upacara menyalakan api
dan sesajen asap tuhan-tuhan ini,

Rabbana,
beri kami kekuatan menghada

Budaya Takut Kehilangan Muka (Face-Saving Culture)

Budaya Takut Kehilangan Muka (Face-Saving Culture).


BUDAYA TAKUT KEHILANGAN MUKA
Oleh: Iwan Syahril

Seperti halnya kebanyakan negara-negara Asia lainnya, Indonesia memiliki budaya takut-kehilangan muka yang sangat kental. Seorang yang senior, lebih tua, memiliki jabatan yang lebih tinggi dan pengaruh, akan merasa gengsi untuk memperlihatkan keawaman, ketidaktahuan dan kekurangan mereka kepada orang-orang yang dianggap lebih muda, lebih junior.

Umumnya mereka-mereka yang masih muda dan lebih junior akan dianggap sebagai anak-anak baru, anak “kemarin sore”. Ketika anak-anak yang lebih junior ini memperlihatkan keahliannya dalam bidang yang mereka geluti, mereka akan dianggap sebagai ancaman terhadap jabatan dan kedudukan yang dimiliki oleh para senior tersebut. Para senior pun akan takut untuk kehilangan muka karena mereka akan terlihat tidak sekompeten yang lebih junior tersebut.

Bagi saya ini adalah sebuah problem yang amat serius dalam membangun fondasi bangsa, terlebih lagi dalam upaya mengejar ketertinggalan kita dari bangsa dan negara lain. Ketika pekerjaan dikerjakan oleh orang-orang yang kurang kompeten, sementara kita memilki sumber daya yang lebih kompeten, maka selain tersia-siakannya sumber daya tersebut, sistem pun tidak akan bekerja dengan efektif.

Saya pikir, budaya kehilangan muka ini harus bisa digantikan dengan budaya jujur dalam mengakui kekurangan dan kelebihan serta persaingan yang efektif.

Pesan Guru pada Muridnya agar Tidak Curang

Anak-anakku, Bapak tahu tugas yang kalian kerjakan banyak dan berat. Tahukah kalian bahwa dengan itulah kalian akan menjadi mandiri dan kuat? Semua anak

via Pesan Guru pada Muridnya agar Tidak Curang.

PESAN GURU AGAR MURID TIDAK CURANG
http://sekolahku.info/2009/10/pesan-guru-pada-muridnya-agar-tidak-curang/

Anak-anakku, Bapak tahu tugas yang kalian kerjakan banyak dan berat. Tahukah kalian bahwa dengan itulah kalian akan menjadi mandiri dan kuat?

Semua anak menginginkan banyak waktu luang untuk bermain. Tetapi kelak semua akan beranjak dewasa dan diberi berbagai tanggung jawab. Jikalau mulai sekarang kalian sedikit demi sedikit melatih diri dan mengasah kemampuan, maka itu tidak akan seberat dibanding melakukan semuanya sekaligus setelah kallian lulus.

Bagi yang memilih cara yang curang, PR, tugas, dan ulangan semua bisa saja mencontek dan mendapat nilai yang tinggi. Tetapi ingat…! Dengan begitu tidak akan pernah didapat KEMAMPUAN yang tinggi. Hanya dengan melihat petinju berlatih tidak serta merta membuat yang melihat ikut kuat, kita harus ikut melakukannya sendiri; berlatih, berkeringat, bersusah payah, dan barulah kekuatan itu kita peroleh sesuai dengan usaha kita.

Ujian yang sesungguhnya bukan yang dari sekolah, tetapi yang dari masyarakat. Saat mereka bertanya kepadamu malulah bila kau masih mencontek bukumu! malu bila kau masih mencontek temanmu! Saat kau dewasa, kau harus mencari kerja, malulah bila kau masih minta bantuan orang tuamu! Kau harus jujur, malulah bila kau ambil hasil pekerjaan orang lain lalu kau makan sendiri. Berusahalah sendiri! Malu bila kau masih cari muka mengemis suara rakyat agar diangkat jadi pejabat. Malu dirimu… malu Bapak ini… Malu orang tuamu!

Malulah kau dari sekarang, agar tidak dipermalukan kau esok hari!

3 Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda UAN/UNAS

Tulisan hanya boleh dipikirkan, buat yang mau melaksakan, berpikir dulu lah yang maksimal. Sudah latihan yang banyak, sudah belajar, sudah try out dan berdoa.

3 Tips Menjawab Soal Pilihan Ganda UAN/UNAS.

Ujian Nasional masih menjadi beban stres bagi siswa kelas VI SD, IX SMP, dan XII SMA. Mau tak mau, semua yang duduk di bangku sekolah resmi harus melaluinya. Maka tidak ada cara lain selain menghadapinya. Berikut beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu untuk memuluskan jalan menuju sukses.

* Soal-soal UAN adalah pilihan ganda (multiple choices) yang didasarkan pada jawaban yang benar, tanpa pengurangan nilai pada pilihan yang salah; artinya jika tidak tahu jawabannya sekalipun, t-e-b-a-k-lah!
* Soal UAN biasanya berkomposisi 20% sulit, 50% sedang, dan 30% mudah. Jadi targetkan saja nilainya 70% sehingga tidak terlalu menjadi beban.

Taktik 1: Kalau Bisa Langsung Jawab, Kalau Tidak Bisa Tinggal!

Naskah soal biasanya diberikan lebih dulu sebelum LJK. Ini kesempatan mengintip soal. Kerjakan dulu meski yang lain belum mulai. Baca sekilas, bila mudah, kerjakan! Bila sulit, lewati! Dimana menulis jawabannya? Cukup tandai dengan titik kecil di bagian awal huruf pilihan. Dengan begini kita dapat mencuri start sampai 5-6 soal lho.

Taktik 2: Bila Ragu, Beri Tanda!

Gunakan taktik no 1 sampai akhir lembar soal. Anda mungkin butuh artikel ini untuk lebih rincinya. Sampai disini kira-kira 75% soal mungkin belum terjawab. Lalu buka lagi lembar pertama, ulangi dari nomor yang belum terjawab. Sekarang ganti strategi, pikirkan jawaban dengan masak. Namun jangan diforsir (terlalu memaksa) untuk soal yang memang sulit, lewati saja dengan beri tanda segitiga (apa saja selain lingkaran agar berbeda dari kebiasaan) pada dua jawaban yang ragu-ragu tadi (misal apakah A atau B).

Taktik 3: Bila Blank, Tebak!

Menebak pun perlu jurus. Dan jurusnya adalah memilih pilihan yang paling sedikit dipilih sebelumnya. Gambarannya, bila pada jawaban lain kita sering memillih A, B, D, dan E… maka pilihlah C. Ini akan memberi kita sedikit peluang karena setiap pilihan sedikitnya digunakan pada 10 pertanyaan. Maksudnya 10 soal memiliki jawaban A, 10 yang lain jawabannya B, 10 lainnya C, dan seterusnya. Tapi, bagaimana pun juga, ini adalah perkiraan kasar.

Cara lainnya adalah dengan memilih jawaban yang terdengar akrab, sebab boleh jadi jawaban itu adalah yang pernah kamu baca sebelumnya.

Sedikit mengira-ngira saja, bila kita targetkan ada 20 jawaban benar (nilainya 40), lalu 20 ragu-ragu (ambillah separuhnya, jadi nilainya 20), lalu 10 soal tidak bisa sama sekali (bila kebetulan, paling sedikit betul 1 yang artinya bernilai 2), maka totalnya adalah 64. InsyaAllah lulus!

Soal Ujian Mandiri Undip 2008

Berikut ini adalah soal Ujian Mandiri Undip 2008.Silakan didownload. Ujian Mandiri Undip terdiri dari :
Bahasa Indonesia
Bahasa inggris
Matematika dasar
Kewarganegaraan
IPS Terpadu

Sunday, March 14, 2010

Materi Astronomi

Berikut ini adalah materi-materi pelatihan yang diadakan di SMA Negeri 8 Jakarta. SMA Negeri 8 Jakarta, sebagai salah satu Science Center Astronomi telah mengadakan beberapa kali pelatihan, baik untuk para siswa mau pun guru bidang studi geografia atau fisika yang berminat menjadi pelatih OSN Astronomi di sekolah masing-masing. Jumlah bahan pelatiahnnya cukup banyak. Hampir 2 Giga, oleh karena silakan saja untuk bapak/ibu guru men-download dari web ini. Semoga bermanfaat.

Asterorid Komet Meteor
Galaksi Bimasakti
Bulan satelit bumi
Jagad Raya

Soal babak final cepat tepat PAJ
Kosmologi HAAJ
Messier Catalogeu
Menjelajahi Jagad Raya
Aries

Daftar nama rasi bintang
Konteplasi dan Kosmologi
Asteroid

Soal-Soal Latihan Astronomi

Berikut ini soal-soal yang bisa dicoba untuk mengetahui kemampuan astronomi calon peserta Olimpiade Sains. Soal dibuat oleh beberapa instruktur OSN. Ada Dr. Kunjaya dari ITB atau pun Drs. Widya ( Planetarium DKI Jakarta)

Latihan 1
Latihan 2
Latihan 3
Latihan 4
Latihan 5
Latihan 6
Latihan 7
Latihan 8
Latihan 9
Latihan 10
Latihan 11
Latihan 12
Latihan 13

Belajar Astronomi

Karena keterbatasan waktu untuk sementara silakan membuka blog ini blognya wangsa jaya
Blog tersebut bersisi banyak hal, dari soal dan latihan astronomi hingga soal-soal OSN astronomi. Silakan saja.

Sunday, March 7, 2010

Soal-soal Latihan OSN ASTRONOMI Science Center Astronomi SMA Negeri 8 Jakarta

Latihan soal astronomi merupakan salah satu langkah untuk mengetahui atau pun mengevaluasi kemampuan siswa dan keberhasilan pengajaran. Soal-soal berikut merupakan kumpulan soal yang berhasil penulis kumpulkan dari berbagai pelatihan OSN. Semoga latihan ini bermanfaat buat teman-teman guru/pembina OSN dan para siswa calon peserta OSN 2010.

Silakan di download
Latihan 01
Latihan 02
Latihan 03
Latihan 04
Latihan 05
Latihan 06
Latihan 07
Latihan 08
Latihan 09
Latihan 10
Latihan 11
Latihan 12

Semoga bermanfaat

Saturday, March 6, 2010

Soal Seleksi OSN Astronomi SMA Negeri 8 Jakarta

Hari ini SMA Negeri 8 Jakarta mengadaksn seleksi pertama untuk semua macam OSN. Salah satunya adalalah astronomi. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. dua tahun ini kami telah menggunakan format OSN. Soal seleksi diambil dari beberapa pelatihan OSN Astronomi yang diaskan di SMAN 8 Jakarta. Soal dari Pak Widya (Planetarium DKI Jakarta ) dan Pak Kunjaya (Astronomi ITB).
Silakan downlod soalnya DISINI

Semoga bermanfaat.

Tuesday, March 2, 2010

Beasiswa Jepang untuk pelajar Indonesia (3)

Beasiswa Hitachi PDF Print E-mail

Scholarship Program for Postgraduate Study in Japan
The Hitachi Scholarship provides an excellent opportunity for Southeast Asian universities to send faculty members, who wish to continue teaching and research at their universities after graduation, to Japan as part of their human development programs. Recipients of this award are invited to attend Japanese public and private graduate schools that have close relationships with Southeast Asian universities. The Scholarship provides financial support and personal assistance and consultation.
Eligibility for the program is limited to faculty members up to the age of 30 for masters degree candidates or 35 for Ph. D. degree cabdidates in the fields of scince and technology and each applicant must be recommended by a senior staff at their home university as a potential cabdidate for international reasearch collaboration after graduation. Each grantee receives full financial support to study Japanese for six months after arrival. The Foundation funds tour programs every year to visit various location in the fields of industry, science technology, research, culture, history, society and nature so that the grantees’ experience and understanding during their stay in Japan will not be limited to one campus.

Term of assistance
Masters degree candidates:
2-1/2 years
LPh.D. degree candidates:
3-1/2 years


Scholarship and other financial support
Airfare:
Economy class roundtrip airfare
Stipend:
¥180,000 per month
Japanese language course:
At cost for 6months
Expenses for field trips in Japan:
¥50,000 per year upon request from host professor
Expenses for Int’l conferences:
At cost upon request from host professor
Arrival and return allowance:
¥50,000 each
Tuition and other school expenses:
At cost
Housing allowance: (maxmum per month)
Greater Metropolitan Tokyo:
¥60,000 (Single)
¥90,000 (With family)
Other areas:
¥40,000 (Single)
¥55,000 (With family)

Qualifications
• Be faculty members of one of the 15 eligible universities in 6 nations.
• Have been nominated by their university’s presidential office, with the approval and recommendation of the faculty and the department.
• Have received a specific and confirmed invitation from a professor at a Japanese university, who will act as the host professor to collaborate with and/or advise the applicant until graduation or the completion of the program.
Application and Screening
1. Applicants to all programs must be faculty members at one of the eligible universities.
2. English will be the common language used in most of the international conferences. Therefore,we strongly suggest that applicants have a good knowledge of English as a communication tool. A TOEFL score of 530 or above is preferred.
3. The Foundation shall mail application forms every year in June to the presidential office of each university.
4. Each applicant shall submit the application to his/her university’s presidential office with all requested information. The Foundation will accept applications and nomination letters from the presidential offices until the end of November. No direct application from individual will be accepted.
5. The application form should be supplemented with a recommendation letter from the Head of Department and/or the Dean of Faculty, along with a confirmed certificate of acceptance from a Japanese host professor (Scholarship) or advisory professor/research counterpart (Research/Komai Fellowship).
6. The selection committee of the Foundation initially screens applications received and identifies candidates to interview.
7. Interviews with candidates shall be carried out individually, usually at candidates’ home universities, during the period from January to April.
8. One of the most important points for evaluation is why the university has nominated the candidate and what kind of scenario the department or faculty has for the candidate in terms of academic collaboration after graduation. If the applicant’s department or faculty has been implementing specific cooperation/collaboration with the laboratory of the proposed host professor in Japan, this will receive positive consideration in the screening of the candidate.
9. Following the interview, the Foundation may contact both senior advisors at the home university and the proposed host professor in Japan for further verification.
10. Notification of final decisions will be made to the presidential offices, and award notices will be sent to each successful candidate in June.
Eligible Universities
Indonesia
• University of Indonesia
• Bandung Institute of Technology
• Gadjah Mada University
• Surabaya Institute of Technology
Singapore
• The National University of Singapore
Malaysia
• University of Malaya
• University of Technology Malaysia
Thailand
• Chulalongkorn University
• Chiang Mai University
• Khon Kaen University
• King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
• King Mongkut’s University of Technology Thonburi
The Philippines
• University of the Philippines
Vietnam
• Hanoi University of Technology
• Ho Chi Minh City University of Technology

untuk info lebih lanjut silahkan klik http://www.hitachi-zaidan.org/global/scholarship/activities/active01.html

THE OKAZAKI KAHEITA INTERNATIONAL SCHOLARSHIP FOUNDATION PDF Print E-mail

Anyone who supports the objectives of the foundation to build his/her own country and to
promote international friendship, is outstanding in personality and ability, in sound health and is
deemed to be in need of financial assistance for educational expenses, and who meets the following qualifications:
(1)Be a citizen of Indonesia
(2)Be a resident of Indonesia on April 1, 2010
(3)Be born after April 2, 1986
(4)Academic Qualifications: Must have graduated from a university designated by our
foundation prior to March 31, 2011 and be able to obtain a letter of recommendation from
his/her supervising professor.
The applicants also required to have completed a total of 16 years of education at
recognized educational facilities.

(5)Major: The field of study selected by the applicant must be the same as his/her major at the
undergraduate level. (Preferably, the applicant should have selected the university of
his/her choice and the supervising professor under whom he/her wishes to pursue
graduate studies.)
The applicant’s proposed research theme should be suitable for study at the graduate level
in a Japanese university.
(6)Language ability: Must be able to understand graduate level lectures taught in Japanese
or English. Selected applicants who have not yet learned Japanese are required to attend a Japanese language course at a language school for 6 months (approximately 500 hours)prior to coming to Japan.
Furthermore, the selected applicant shall be required
(7) Dwelling: Must principally be willing to live in the ANA dormitory.
Note: The foundation thinks it desirable for the students to live in the ANA dormitory
Not only for the purpose of saving living expenses but also for the purpose of
associating daily with young Japanese people living in the same facility.
(8) Others: The foundation deems it most suitable that the selected applicant come to Japan
alone(without his/her family)to study under our program.
(ⅰ)The student must live alone(without his/her family)for the first year in Japan.
(ⅱ)After one year it is possible for the selected student to live with his/her family if
he/she wished to do so, but the foundation cannot give any assistance for his/her
family.
Note: It is generally very hard for students from abroad to live and study in Japan
With his/her family, as the student will meet many difficulties such as the high cost of living, housing problems and language difficulty.

http://www.okazakizaidan.or.jp/info/

Beasiswa Hasiya PDF Print E-mail

1. Nama Beasiswa

橋谷(はしや)奨学金

2. Besar Beasiswa dan lama periode Beasiswa

100.000/bulan
Sampai lulus degree saat apply
(mis apply saat M1 atau M2, tetap cuma sampai lulus S2)

3. Cara Pendaftaran dan Tahapan Seleksi

Pendaftaran melalui International Affair kampus
Seleksi hanya seleksi berkas
4. Tips-tips

Tidak ada tips khusus
Karena hanya ada seleksi berkas (tidak ada wawancara), berkas-berkasnya harus bagus, termasuk nilai
Beasiswa ini khusus untuk orang Indonesia, tapi kadang-kadang formulirnya tidak disediakan di kampus. Untuk kasus seperti ini, bisa minta International Affair untuk menelepon ke Hasiya untuk meminta formulir.

Narasumber : MY(Atas permintaan nara sumber untuk tidak ditampilkan)

Beasiswa Jepang untuk pelajar Indonesia (2)

Beasiswa Mitsui Bussan PDF Print E-mail

1. Nama Beasiswa

Mitsui Bussan (untuk program undergraduate)


2. Besar Beasiswa dan lama periode Beasiswa

150,000/bulan (Sekolah Bahasa Jepang selama 1.5 tahun)

170,000 /bulan(Kuliah Undergraduate selama 4 tahun)

Uang sekolah untuk Sekolah Bahasa Jepang dan Universitas


3. Cara Pendaftaran dan Tahapan Seleksi

Cara dan Waktu Pendaftaran ditentukan oleh Dikdasmen (Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah). Hanya SMU-SMU tertentu yang mendapat kesempatan tiap tahunnya.

Seleksi 2 tahap:

- Tahap1: Ujian tertulis (Matematika dan Bahasa Inggris)

- Tahap2: Wawancara, Psikologi, dan Kesehatan


4. Tips-tips

Tiap tahun hanya memilih 2-3 orang dari lulusan SMU di Indonesia.


5. Data Nara Sumber

Nama : Danardono Dwi Antono, M.Eng., Ph.D

Penerima beasiswa Mitsui Bussan tahun 1995-2001

Riwayat Pendidikan :

1992/7 - 1995/6 : SMA 78 Jakarta

1995/10 - 1997/3 : Kokusai Gakuyukai Nihongo Gakko (Sekolah Bahasa Jepang)

1997/4 - 2001/3 : The University of Tokyo, Bachelor of Engineering

2001/4 - 2003/3 : The University of Tokyo, Master of Engineering

2003/4 - 2006/3 : The University of Tokyo, PhD (Engineering)

Program Beasiswa PPI Komisariat Miyagi PDF Print E-mail

Kami dari PPIS (PPI Sendai atau lengkapnya PPI Komisariat Miyagi) mempunyai program beasiswa untuk anak-anak sekolah (SD, SMP, dan SMA) di Indonesia. Program ini telah berlangsung dari tahun 2003/2004, bermula dari dana yang didapat melalui Festival Indonesia (Festina) 2003. Tadinya dana tersebut hanya akan digunakan sampai habis, namun melihat perkembangan lain maka sumber dana yang digunakan untuk menjalankan program ini tidak lagi dari dana Festina 2003 tersebut.

Setiap perioda (1 semester) kami menjalankan apa yang namanya program kakak asuh, di mana anggota PPIS yang berminat menjadi kakak asuh bisa menyumbang sebesar 1000 yen / bulan (sekaligus selama 1 semester atau 6 bulan). Dana yang terkumpul ini dikelola oleh satu tim beasiswa (sekarang berjumlah 3 orang), dan tiap semester dikirimkan ke koordinator kami di Indonesia (alumni PPIS).

Dari perioda yang terakhir (Juli 2009, periode di sini bersamaan dengan awal semester di Indonesia), mungkin dapat kami simpulkan sebagai berikut
1. Jumlah adik asuh sekarang (anak-anak sekolah yang ada di program kami) = 44 orang
2. Rata-rata dana yang dikirimkan per periode ke Indonesia = 200 ribu yen
3. Rata-rata dana yang diterima dari kakak asuh per periode = 200 - 225 ribu yen

hoshiZora community PDF Print E-mail

1. Sejarah Singkat

hoshiZora berawal dari kesadaran akan fenomena anak jalanan di Indonesia. Ide dan konsep hoshiZora dipelopori oleh enam mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang, yang ingin berbuat sesuatu untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak. Perbedaan kehidupan di Jepang dan Indonesia, membuat mereka sadar bahwa dengan menyisihkan uang jajan mereka sehari saja, mereka dapat membantu satu anak Indonesia bersekolah. Sejak saat itulah, mereka bersama-sama menyisihkan 1000 yen per bulan, yang kurang lebih senilai dengan uang jajan mereka sehari, dan mengirimkannya ke Indonesia. Kegiatan ini terus berkembang dan melibatkan lebih banyak orang, hingga akhirnya diresmikan sebagai organisasi pada tanggal 2 Mei 2006. hoshiZora meluncurkan program Kakak Asuhnya yang pertama pada tanggal 20 Mei 2006, yang menjembati hubungan kakak asuh dengan adek asuhnya di Indonesia.
Saat ini hoshiZora terus berkembang, dan memperluas jaringannya, dimana anggota anggotanya yang sebagian besar tersebar di Indonesia dan jepang, berjuang bersama-sama untuk berbuat sesuatu demi pendidikan anak-anak Indonesia.



2. Kids Go to School Program

Kids Go to School Program, sebagaimana namanya, program ini bertujuan untuk membantu seorang anak Indonesia untuk bisa bersekolah. KGTS adalah program utama hoshiZora, karena disinilah dirintis usaha untuk mewujudkan misi “memastikan setiap anak mempunyai kesempatan untuk mendapat pendidikan yang layak.”

Pelan namun pasti, sejak 2006 program ini diluncurkan, pada setiap tahun rata-rata 25 adik mendapatkan saluran donasi dan korespondensi dari donatur hoshiZora yang sebagian besar berada di Jepang, Indonesia, dan beberapa negara lain. Beranjak dari tekad untuk membantu anak-anak yang sulit bersekolah, hoshiZora memulai program ini di Jepang dengan program 1000 yen donasi.

Program ini menghubungkan seorang donatur yang akan menjadi kakak dari seorang adik, dengan 1000 yen/bulan dan korespondensi yang diatur oleh tim hoshiZora.



3. Pendaftaran Kids Go to School Program

KGTS dapat diikuti selama 1 tahun/ 6 bulan. Seiring dengan perkembangan program ini, maka donasi yang sebelumnya dibayarkan per bulan, dirubah menjadi pembayaran per-round (1 tahun) yang disebut One Round Program (ORP). hoshiZora terus membuka tangan untuk menerima kerjasama dengan bertambahnya para donatur. Selama masih ada anak yang belum bisa mendapatkan pendidikan yang layak, mari kita buka tangan kita untuk masa depan anak bangsa yang lebih baik.

Silakan daftarkan diri anda disini



4. Contact Person

Chapter Beppu

The hoshiZora Community Representative Officer for APUIna

Dissa Ahdanisa
Email: diz.ahdanisa@gmail.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Advisor in charge of The hoshiZora Community Representative Officer for APUIna

Reky Martha Groendal
Email: oenthel@yahoo.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Chapter Jogja

Ferry Irawan
mobile phone: +62 813 2813 2977

Ahmad Bukhori
email: bukhoryart@yahoo.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
yahoo messenger: bukhoryart

web : http://hoshi-zora.org/

BBSOB PPI Fukuoka PDF Print E-mail

1. Tentang BSOB PPI Fukuoka

BSOB adalah singkatan dari Badan Semi Otonomi Beasiswa (semi otonomi beasiswa divisi) yang merupakan bagian dari Asosiasi mahasiswa Indonesia di Fukuoka (PPIF). BSOB ditemukan pada tahun 2002, segera setelah ide dan konsep tentang hal ini muncul. BSOB telah menjadi bagian dari kegiatan PPIF tahunan sejak Mei 2003. Banyak organisasi Jepang yang memiliki kepedulian yang sama dalam pendidikan bagi anak-anak Indonesia, telah terlibat dalam berbagai kegiatan BSOB. Divisi ini mencoba untuk memberikan bantuan kepada banyak siswa miskin di Indonesia yang memiliki semangat yang kuat dalam accomplishing pendidikan dasar mereka, dengan mendistribusikan beasiswa bagi mereka.



2. Program Beasiswa

Sejak 2003, BSOB-PPIF telah berhasil didistribusikan 1.969.455 JPY jumlah beasiswa bagi 454 siswa SD dan SMP 180 siswa di 10 provinsi di Indonesia. Pada tahun depan, kami berharap kami dapat menyalurkan bantuan kepada kami 160 siswa miskin Indonesia.





3. Penyaluran Beasiswa

Anda bisa langsung berpartisipasi lewat rekening BSOB
Nishi Nihon Bank, Hakozaki Branch
BSOB PPIF 代表 Purnomo Adi Setyo
ビーエスオービ ピーピーアイエフ
No. 2024015
Branch code: 206



4. Contact Person

Anggoro Trimursito (Coordinator of BSOB program)
Kyushu University
Email : anggorotrim@yahoo.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Lutfiana Sari Ariestien (Secretary of BSOB program)
Kyushu University
Email : lutefnyew@gmail.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

homepage : http://www.bsob-ppifukuoka.org/id/

Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho / MEXT) PDF Print E-mail

1.1 Japanese Studies
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

1.2 Teacher Training
http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

1.3 Undergraduate (S1, D3, D2)
http://www.id.emb-japan.go.jp/brsr_slta10.PDF

1.4 Research Student U to U

http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rsu.html

1.5 Research Student G to G

http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html


Informasi mengenai jenis beasiswa secara keseluruhan dan bagaimana proses pendaftarannya silakan dilihat di link berikut ini :

http://www2.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarships0803_e.pdf

Beasiswa AYF (Asian Youth Fellowship) PDF Print E-mail


Beasiswa khusus untuk pelajar Asia yang akan melanjutkan studinya ke tingkat S2 (Master) atau S3 (Ph.D).
Beasiswa AYF (Asian Youth Fellowship)

Program beasiswa ini dibuka tiap tahunnya sekitar bulan Agustus-November.

Untuk periode keberangkatan 2010, pendaftaran telah ditutup pada tanggal 30 Oktober 2009. Namun tidak perlu khawatir, kita bisa mempersiapkan di kesempatan berikutnya.

Adapun situs resmi AYF Scholarship Program : http://www.asiaseed.org/ayfj/
AYF Program Information for 2010 : http://www.asiaseed.org/ayfj/info/AYFApplication%20Guide%2010.pdf

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi kontak berikut:

Jakarta
Asia SEED Jakarta Representative
Jl. Syamsul Rizal No.22, Menteng, Jakarta Pusat 10310
Indonesia
Tel: +62-21-985-61170
Fax: +62-21-316-0772
E-mail: Mr. Y. Kitamura

Beasiswa KMI-Nagoya PDF Print E-mail

1. Sejarah Singkat

A. Latar belakang
1. Terdapat banyak anak-anak bangsa Indonesia terutama siswa SD, SMP, SMU (atau yang sederajat) yang berprestasi namun kurang beruntung dalam sisi ekonomi.
2. Kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya yang semakin tinggi, namun terbentur oleh kendala ekonomi keluarga.
3. Keberadaan pelajar, masyarakat muslim Indonesia di Jepang, maupun instansi atau perusahaan Jepang yang memiliki alokasi dana yang dapat disalurkan ke Indonesia.
B. Fungsi dan Tujuan
Dana yang terkumpul pada Sie Beasiswa KMI Nagoya akan dipergunakan sebagai dana beasiswa bagi anak-anak Indonesia tingkat SD, SMP, dan SMU yang diprioritaskan berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi yang bagus di sekolahnya.

2. Jenis Program Beasiswa


Paket donasi
Paket A : 15.000 yen


3. Daerah Penyaluran dan Jumlah Penerima Beasiswa


Pada umumnya seluruh Indonesia. Akan tetapi, karena lebih bersifat kekeluargaan antara anggota KMI Nagoya, setiap tahun lokasi penerima akan menyesuaikan dengan rekomendasi anggota.
Penerima ±50 orang.
Sedangkan, pendistribusian dana beasiswa dilakukan dua kali dalam setahun (Agustus 2009, Pebruari 2010) dengan jumlah sbb :

1. SD : Rp. 180.000 / 6 bulan
2. SMP : Rp. 240.000 / 6 bulan
3. SMU : Rp. 300.000 / 6 bulan


4. Kebutuhan Dana Pertahun

±300.000 yen

5. Cara Untuk Menjadi Donatur dan Cara Menyalurkan Donasi

Donatur terbuka untuk siapa saja, donasi bisa ditransfer atau diberikan langsung kepada pengurus.
1. Transfer ke Japan Post Bank, No. Rek : 12110-85801761, a.n. ZAINICHI INDONESIA ISURAMU NAGOYA (ditulis dengan katakana)
2. Memberikan secara langsung kepada Pengurus KMI Nagoya Periode 2009/2010, pada saat Pengajian rutin bulanan, Pengajian keluarga, Sholat Jumat, maupun pertemuan-pertemuan lainnya.

Dana keseluruhan dikirim ke rekening Indonesia yang memiliki fasilitas internet banking. Melalui internet banking tersebut, beasiswa ditransfer kepada yang bersangkutan (apabila tidak ada, dikirimkan ke seseorang yang dipercaya). Bukti penerimaan berupa foto maupun surat akan dikirimkan oleh penerima kepada pihak pengurus melalui surat atau email.



6. Contact Person
(nama, email, dan no.telp CP)

Nama : Dodik Kurniawan
Email : kdodik@gmail.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
Telp. : 080-3683-1003

Info selengkapnya dapat mengakses http://kminagoya.org/beasiswa atau http://beapelajar.wordpress.com/kminagoya/

Beasiswa lainnya PDF Print E-mail

1. Osaka Foundation of International Exchange

2. Inpex Scholarship Foundation

3. Okinawa International Exchange & Human Resources Development Foundtation

4. Interchange Association

5. The Japan Foundation

6. The Satoh Artcraft Research & Scholarship Foundation

7. Hirose International Scholarship Foundation

8. Japan Dental Association

9. Matsushita International Foundation

10. Charitable Trust Yasuda Asia Fund

Beasiswa PTU (Depnakertrans RI dan Jepang) PDF Print E-mail

Program kerjasama Pemerintah Jepang melalui Departemen Tenaga Kerja Jepang dan Pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans)
Syarat Pendaftaran:
1. Berusia antara 17 sampai 25 tahun,
2. Berasal dari jurusan IPA
3. Nilai rapor tiap mata pelajaran minimal 7
Tahapan Pendaftaran
1. Mendaftar di Depnakertrans setempat
2. Seleksi administrasi
3. Ujian tertulis*)
4. Wawancara*)


Ujian Tertulis
1. Dilakukan hari pertama
2. Meliputi Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA
3. Soal essay dalam bahasa Inggris
Wawancara
1. Dilakukan hari pertama(peserta dari luar pulau jawa) dan hari kedua (peserta asal pulau jawa).
2. Dalam bahasa Inggris dan sedikit bahasa
3. Jepang (menguasai bahasa Jepang akan menjadi nilai tambah).

Pasca Ujian
1. Hasil diumumkan 2 bulan setelah ujian
2. Peserta yang lulus diharuskan melengkapi persyaratan:
• Hasil tes kesehatan (termasuk rontgen dada)
• Menandatangani persetujuan ikatan dinas selama 10 tahun sebagai instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK)**)
• Belajar bahasa Jepang di Universitas Darma Persada selama sekitar 3 bulan dengan biaya sendiri.
Beasiswa
1. Hanya untuk program undergraduate (S1) di PTU1)
2. Hanya tersedia jurusan teknik (informatika, mesin, elektronika, dll) ***)
3. Besar beasiswa ¥ 114.000/bulan.
4. Jangka waktu 4 Tahun 6 Bulan****)
5. Fasilitas Asrama di dalam lingkungan kampus
6. Fasilitas buku pelajaran pokok dan penunjang.

*) Seluruh penguji dan pengawas adalah dosen PTU1)
**)Penentuan lokasi penempatan BLK disesuaikan dengan kebutuhan
***)Penentuan jurusan dilakukan di Indonesia
****)Termasuk 6 Bulan belajar bahasa Jepang
Intensif di jepang (Oktober – Maret).
1) Polytechnic University
Shokugyou Nouryoku Kaihatsu Sougou Daigakou yang lebih sering disingkat NOUKAIDAI. Tidak seperti kebanyakan universitas di Jepang yang berada di bawah Departemen Pendidikan Jepang (monbukagakusho), Noukaidai berada di bawah Departemen Tenaga Kerja Jepang (kouseiroudousho). Nokaidai terletak di Kanagawa-ken Sagamihara-shi Hashimoto-dai, bersebelahan dengan Tokyo. Universitas ini memiliki berbagai sarana dan fasilitas yang sangat memadai. Informasi lebih lengkap mengenai program ini dapat ditanyakan langsung ke Departemen Tenaga Kerja dan Transmigras (Depnakertrans) jalan Gatot Subroto kav 51, Jakarta. Informasi resmi dari Noukaidai di www.uitec.ehdo.go.jp

Sumber : PMIJ (ditulis oleh Agus Susilo)

Beasiswa Jepang untuk pelajar Indonesia

Beasiswa Alam Aksara
Pendahuluan
Alam Aksara adalah perkumpulan para sukarelawan yang berdedikasi untuk mengembangkan kesempatan bagi pelajar di Indonesia untuk mendapatkan pendidikan. Diawali pada tahun 2002 oleh Dede Prabowo yang berdomisili di Jepang dengan melibatkan keluarganya di Indonesia, Alam Aksara telah berkembang dan mencakup sukarelawan dan donatur dari berbagai negara.

Tujuan
Alam Aksara menyediakan beasiswa untuk pelajar Indonesia yang mengalami kesulitan finansial untuk menyelesaikan pendidikannya. Beasiswa tersebut berasal dari para sponsor/donatur pribadi, dan kebijakan kami adalah menyampaikan seluruh (100 persen) donasi tersebut kepada pelajar yang bersangkutan.

Cara Beroperasi
Melalui jaringan sukarelawan di Indonesia dan Jepang, Alam Aksara menyeleksi pelajar calon penerima beasiwa, kemudian membantu mencarikan donatur untuk mereka. Para pelajar tersebut diseleksi oleh koordinator lokal di Indonesia di mana mereka berdomisili. Para koordinator kemudian menyampaikan rekomendasi mereka kepada kantor pusat di Tokyo untuk diproses.

Kriteria penerima beasiswa
Siswa berasal dari keluarga berekonomi lemah tetapi memiliki keinginan dan tekad kuat untuk belajar dan menyelesaikan pendidikan sesuai dengan kemampuannya. Prestasi belajar adalah faktor yang penting tetapi bukan penentu. Selama program berjalan, penerima beasiswa diharapkan untuk menunjukkan peningkatan nilai dan mutu belajarnya yang dimonitor melalui nilai rapor setiap semester. Keluarga siswa juga harus menunjukkan dukungan terhadap usaha belajar siswa. Prioritas diberikan kepada siswa yang selain bertekad kuat juga memiliki potensi untuk membantu ekonomi keluarganya dan berperan bagi masyarakat sekitarnya setelah pendidikannya selesai.

Skala
Saat ini penerima beasiswa terdiri dari 60 pelajar dan mahasiswa di delapan daerah di Indonesia. Sejak program berjalan, lima orang siswa dan mahasiswa sudah menyelesaikan pendidikan mereka. (Lihat Fakta.)

Status
Alam Aksara masih berbentuk perkumpulan non-formal para sukarelawan dan belum dijadikan organisasi resmi seperti NPO. Alam Aksara akan mendaftarkan sebagai NPO di Jepang dan Indonesia apabila skala kegiatannya sudah cukup besar sehingga status sebagai NPO akan membawa lebih banyak manfaat berdasarkan pertimbangan cost-benefitnya.

Afiliasi
Alam Aksara dan para sponsornya tidak berafiliasi dengan aliran agama atau kepercayaan tertentu. Para penerima beasiswa pada umumnya belajar di institusi pendidikan negeri. Alam Aksara tidak menyediakan beasiswa bagi pelajar di sekolah yang kurikulumnya menekankan pada pengajaran agama.

Administrator
Kegiatan Alam Aksara diorganisir oleh Dede Prabowo dan Jim Wagner yang berlokasi di Tokyo, Jepang.

Kontak
Alam Aksara
New Heights Yushima 803
3-20-9 Yushima, Bunkyo-ku
Tokyo 113-0034, Japan
info@alamaksara.org

Beasiswa PPI Hiroshima

Pendahuluan

Tidak semua anak-anak bangsa Indonesia beruntung bisa mengenyam pendidikan. Kesadaran orang tua untuk menyekolahkan anaknya begitu tinggi, tetapi kendala ekonomi keluarga sering menjadi penghalang menyekolahkan anak-anak mereka. Berdasarkan data dari Departemen Sosial RI, pada tahun 1994 lebih dari 6 juta anak di Indonesia rawan putus sekolah.

Malang tidak bisa ditolak, krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak pertengahan 1997 telah dan akan membuat banyak warga masyarakat kehilangan pekerjaan. Sehingga hal tersebut, secara langsung akan mengakibatkan semakin banyak anak-anak usia sekolah di Indonesia terancam putus sekolah mereka.

Dalam rangka membantu anak-anak Indonesia yang kurang beruntung tersebut, kami PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Hiroshima berniat mengelola beasiswa untuk anak-anak tingkat SD (Sekolah Dasar) di Indonesia. Demi suksesnya program yang telah kami canangkan, kami sangat mengharapkan bantuan berupa dana dari para pelajar Indonesia di Jepang, masyarakat, instansi dan perusahaan-perusahaan Jepang. Bagi kita yang tinggal di Jepang dan bagi masyarakat Jepang, uang 1000 - 5000 yen untuk satu bulan bukanlah jumlah yang besar. Akan tetapi bagi pelajar di Indonesia jumlah tersebut sangatlah besar artinya. Karena dengan uang sebesar itu setiap bulan bisa membantu 2-10 anak Indonesia dari ancaman putus sekolah.

Dana dari pelajar Indonesia di Jepang, masyarakat, instansi dan atau perusahaan Jepang akan dikelola oleh PPI Hiroshima. Sedangkan penyaluran dana di Indonesia akan dilakukan oleh Ikatan Alumni Hiroshima (IAH).

Pemanfaatan Dana
Prioritas utama dari dana-dana yang terkumpul akan dipergunakan untuk memberi beasiswa bagi anak-anak Indonesia tingkat Sekolah Dasar dari keluarga kurang mampu yang berprestasi baik. Selain itu, jika memungkinkan dari dana tersebut akan kami salurkan/sumbangkan untuk

- Mengisi perpustakaan sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia dengan buku-buku bermanfaat.
- Membantu tersedianya perlengkapan olahraga dan kesenian di sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia.
- Membantu sarana bermain bagi anak-anak sekolah dasar-sekolah dasar di pedesaan Indonesia.

Sistim Pendistribusian Dana
Catatan: PPI Hiroshima membuat rekening tersendiri dan dana ini tidak akan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan PPI Hiroshima.

Sistim Pertanggungjawaban
Kami menyadari bahwa kepercayaan itu mahal harganya, karena itu PPI Hiroshima dan IAH (Ikatan Alumni Hiroshima) senantiasa akan menjaga amanat dengan menjalankan aktivitas ini sebaik-baiknya. Kami akan bekerja bersungguh-sungguh dan melakukan pertanggung jawaban terbuka kepada penyumbang dana. Pertanggung jawaban akan disampaikan oleh PPI Hiroshima 2 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Agustus dan Maret.
Penerimaan Bantuan Dana
Bantuan dana dapat dikirim ke Bantuan dana dapat dikirim ke rekening Kantor Pos dengan :

Nama : インドネシア学生奨学会 (Indonesia gakusei shougakukai)
kigou : 15150
bangou : 26441851

atau diserahkan langsung kepada seksi beasiswa PPI Hiroshima dengan terlebih dahulu mengisi formulir terlampir. Formulir harap dikirim (melalui e-mail, faksimili, surat, formulir online atau diserahkan langsung) ke PPI Hiroshima dengan alamat tertera pada bagian bawah formulir. Agar kami dapat mengatur perencanaan setiap tahun, maka pengisian formulir akan diperbarui setiap tahunnya.

Syarat Penerima Bantuan Dana
A) Siswa yang dicalonkan terdaftar di SD atau yang sederajat
B) Siswa datang dari keluarga tidak mampu.
C) Siswa yang dicalonkan berprestasi di sekolah, dibuktikan dengan rapor/surat dari sekolah.
D) Harus ada Perekomendasi (anggota atau alumni PPI Hiroshima). Hal ini untuk mempermudah pelaporan dan juga kebenaran informasi dari calon penerima beasiswa.

Pendaftaran dibuka sekitar bulan Mei - Juni (Open House) dan hasilnya diumumkan bulan Agustus

Penutup
Mudah-mudahan partisipasi dan bantuan dana dari pelajar Indoesia di Jepang dan masyarakat Jepang ini akan mensukseskan program wajib belajar yang dicanangkan pemerintah Indonesia dan dapat mengurangi jumlah anak-anak Indonesia yang putus sekolah karena kesulitan biaya. Kami atas nama Persatuan Pelajar Indonesia Hiroshima dan Ikatan Alumni Hiroshima mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan bantuannya. Semoga kerja sama ini dapat berkelanjutan dan ditingkatkan di kemudian hari.

Website
http://www.ppihiro.org/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=33

Beasiswa Ito & Beasiswa Honjo

1. Nama Beasiswa
Master Candidate (MC1 & MC2)
伊藤国際教育交流奨学金 – ITO Foundation for International Education Exchange
http://www.itofound.or.jp
Doctoral Candidate (DC1~)
本庄国際奨学金 – Honjo International Scholarship Foundation
http://www.hisf.or.jp/

2. Besar Beasiswa dan lama periode Beasiswa
① ITO: \180,000 /bulan untuk 2 tahun.
② HISF: \180,000/bulan untuk 3 tahun.

3. Cara Pendaftaran dan Tahapan Seleksi
① Tipe beasiswa: 自由応募 – Pendaftar yang memenuhi kualifikasi bebas mendaftar.
② Tahap seleksi:
→ Seleksi formulir
→ Wawancara

4. Tips-tips
→ Karena merupakan beasiswa yang dibuka bebas tanpa rekomendasi dari universitas, jumlah pelamar menjadi sangat banyak. Untuk itu, diperlukan cara penulisan formulir (research proposal, essay) yang bisa membedakan kita dengan kandidat lain, serta menimbulkan rasa keingintahuan akan diri kita pribadi dan riset kita.
Contoh: × “Saya mempunyai sifat ingin tahu dan mengejar hal-hal inovatif.”
◯ “Pengalaman saya internship di Google Japan memberikan contoh
konkret akan sifat ingin tahu saya …”
→ Paparkan titik ide baru, perbedaan antara riset kita dengan riset lain di bidang yang sama, dengan kalimat yang mudah dimengerti oleh orang awam.
Contoh: × “Riset saya adalah tentang HCI, memanfaatkan CV dan parallel
processing seperti CUDA dan OpenCL”
◯ “Pada film Minority Report kita bsa lihat interaksi langsung antara
manusia dan komputer tanpa menggunakan mouse atau keyboard,
tapi menggunakan hand gesture. Riset saya adalah tentang interaksi
menngunakan hand gesture.”
→ Biasakan untuk memberikan contoh konkret akan tujuan, cita-cita, dan motivasi.
Contoh: × “Saya ingin menjembatani persahabatan antara Indonesia-Jepang …”
◯ “Saya ingin menjadi Dekan/Professor di ITB dan berperan merombak
sistem pendidikan Indonesia …”
→ Dalam wawancara, usahakan untuk menjawab pertanyaan degan lugas dan tanggap. Fokuskan untuk menjawab inti pertanyaan dengan satu kalimat di awal, kemudian penjelasan di kalimat-kalimat berikutnya. Hal-hal yang kurang dimengerti lebih baik dicek ulang atau langsung bertanya.
→ Apabila pewawancara memberi pertanyaan yang bersifat teknis dan kita tidak yakin akan jawabannya, lebih baik jujur mengatakan tidak mengerti, tapi kemudian memaparkan ide atau opini kita.
→ Dalam wawancara, kemampuan berkomunikasi (menyampaikan ide, research planning, dll) dalam bahasa Jepang sangat dipertimbangkan.

5. Data Nara Sumber
Nama : Adiyan Mujibiya
Riwayat Pendidikan :
- 2008 Bachelor of Engineering in Computer Science
- 2010 Master of Engineering in Computer Science

Beasiswa Dompet Kenshusei

Melihat keprihatinan anak-anak bangsa. Kemiskinan semakin hari semakin bertambah. Tidak ada yang pantas disalahkan, Hanya satu yang pantas kita lakukan “marilah kita gerakkan hati kita untuk saling berbagi kebahagian.” Kebahagian mereka adalah kebahagian kita.

Sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. karena kelapangan rizki bagi kita para kenshuusei di Jepang karena setiap bulan kita bisa menikmati gaji yang cukup besar. Untuk menambah keberkahan rizki kita mari kita sedikit sisihkan rizki titipan Allah ini untuk sedikit membantu kesusahan saudara-saudara kita di tanah air.
Sebagai rasa syukur tersebut mari kita sedikit sisihkan uang kita untuk membantu pendidikan saudara-saudara kita yang tidak mampu untuk biaya pendidikan dan membantu para fakir miskin yang kesulitan dalam pembiayaan keuangannya.

Dompet Kenshuusei adalah salah satu program yang di buat oleh IPTIJ.Adapun program yang di gulirkan adalah sebagai berikut:
1. Program Donatur Tetap 1000 Yen/bulan.
Salah satu program shodaqoh secara rutin tiap bulan sebesar 1000 yen/bulan.
Karena kita mengharapkan rizki kita rutin maka kitapun harus rutin bersedekah,karena apa yang kita sedekahkan insyaAllah akan dilipat gandakan 10 sampai 700 kali lipat oleh allah SWT.Subhanallah

2.Shodaqohku
Shodaqoh tidak rutin per bulan, Shodaqoh ini fleksibel/tidak terpatok baik segi waktu maupun jumlah. Sesuai kemampuan para penyalur untuk waktu dan jumlahnya.

3. Zakat profesi.
Merupakan program untuk para kenshuusei sebagai pembersih harta kita yang kita terima setiap bulan. Gaji yang kita terima tiap bulan jika tidak kita zakati belum bersih karena ada hak-hak saudara kita yang harus kita berikan. Adapun besarnya adalah 2,5 % dari gaji kita. Misal gaji /bulan 80.000 maka zakatnya adalah 2,5 % x 80.000 = 2000 yen.

Info lebih lanjut silahkan Contact Edi Susilo 09098930519
Penyaluran uang bisa di kirim ke rekening : 12120 82967201 atas nama Edi susiro

Sahabat-sahabat bisa mengusulkan saudara-saudara di sekitar rumah di indonesia yang membutuhkan untuk biaya pendidikan khusus untuk anak SD,SMP dan SMU.. Nama-nama yang masuk akan diseleksi sesuai dengan data yang masuk.(Pertimbangan: anak kurang mampu dan berprestasi)

website : http://dompetkenshusei.wordpress.com/

Program Beasiswa Komsat Todai PDF Print E-mail

Program beasiswa PPI Todai dimulai pada tahn 2003 atas inisiatif sempai-sempai yang didorong oleh rasa simpati terhadap kasus Heryanto, seorang bocah yang menggantung diri karena kesulitan biaya sekolah..
Alhamdulillah sampai saat ini program beasiswa kami terus berjalan.

Untuk kepengurusan 2008-2009, sebanyak 110,600yen sumbangan masuk dari 21
pendonor dan 83,580yen disalurkan melalui sempai/alumni kami ke adik-adik
di Palembang (Melalui Pak Iskhaq Iskandar), Wonosobo (melalui Pak Sidiq
Hidayat), Mataram (melalui Pak Husni Idris), Bogor dan Kuningan (melalui Kang
Arief Darmawan dan Pak Edi Santoso).
Laporan keuangannya secara rinci juga ada, tapi sifatnya internal.

Untuk kepengurusan 2009-2010 penerimaan sumbangan masih terus dibuka dan penyaluran masih terus berjalan. Tahun ini kami ketambahan peluang beramal di Lampung (melalui Kang Arief Darmawan).
Macam sumbangannya ada 2:
- sumbangan tetap: 500yen per bulan (pembayaran boleh direkap)
- sumbangan sukarela: jumlahnya bebas
ditunjuk pula pengelola/koordinator beasiswa, yaitu Mbak Farah Fahma.

Rekapitulasi Siswa Diterima di PTN 2010-2011

UNIVERSITAS INDONESIA
JALUR PPKB
01. BINAR SARI SURYANDARI XII IPS Hubungan Internasional UI
02. CHAERUNISSA HAKIM XII IPS Akuntansi UI
03. CHELPIRA INTAN PERMATASARI XII IPS Hukum UI
04. NABILLA NUR ANISAH XII IPA C Teknik Industri UI
05. HAMZAH XII IPA D Teknik Kimia UI
07. DANTI FILIADINI KELAS XII IPA FPendidikan Dokter UI
08. MUTHIA SZAMI NAFFISAH XII SCIENCE Teknik Industri UI
09. ANDI RAMA SULAIMAN XII IPA C Pendidikan Dokter UI
10. SANTO F. XII IPA F Teknk Industri UI
11. PUSPARANI XII IPA H Ilmu Ekonomi UI
12. CORNELIA PETRABELA XII HUMANITY Sastra Inggris UI

INSTITUT PERTANIAN BOGOR
JALUR USMI
1. DIAH PRABHANDHARI Teknik Sipil Lingkungan IPB
2. ERICKA RICKY KEUMALA Kedokteran Hewan IPB
3. GITA CHIRIANA RAHMAYANTI Teknologi Industri Pertanian IPB
4. R.A. ANANDYA SURYA DEWI Teknologi Pangan IPB

Daftar LULUS SELEKSI UNS
1. ASTARI RINDU ASTUTI; XII IPA A; Pendidikan Dokter
2. WAHYU WIRAWAN; XII IPA B; Pendidikan Dokter
3. SHAFIRA ANINDYA; XII IPA A ;Pendidikan Dokter
4. RIZKA RATMILIA; XII IPA I;Pendidikan Dokter


Daftar LULUS SELEKSI UJIAN TULIS PBS UGM dan harus seleksi wawancara di Jogyakarta
1. IDA AYU NARAYANI; XII IPA I; Pendidikan Dokter
2. ATIKAH FATHINAH; XII IPA G; Teknik Industri
3. KANYA PUTRI ANNISA RARASATI; XII IPA B; Akuntansi
4. ADITYA RACHMAN; XII IPA A; Teknik Elektro
5. KARINA ANINDITA ; XII IPA A; Akuntansi
6. ADERY ARDHAN SAPUTRO; XII IPS; Hukum
7. ERWIN WICAKSANA ; XII IPS; Manajemen
8. KRISNA DIBYO ATMOJO; Akselerasi; Ilmu Komputer

Selamat yang sudah berhasil, buat yang belum perjuangan belum berakhir,...